Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 30 Maret Dalam Catatan Sejarah?



Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 30 Maret Dalam Catatan Sejarah?

Pasukan “Enam Koalisi” Maju Memasuki Kota Paris
Pasukan dari negara yang tergabung dalam “Sixth Coalition” atau “enam koalisi” berbaris menuju kota Paris setelah berhasil mengalahkan Napoleon dalam “Napoleonic Wars”. Kejadian ini terjadi pada tanggal 30 Maret 1814.


 Sumber Gambar : reginajeffers.wordpress.com

Amerika Serikat Membeli Alaska Dari Rusia
Pada tanggal 30 1867 Amerika Serikat membeli Alaska dari Rusia seharga $7.2 juta, itu berarti satu hektar tanah di Alaska hanya dihargai sebesar 2 sen. Pihak Rusia menjual Alaska ke Amerika Serikat karena merasa Alaska tidak terlalu penting. Namun, peristiwa inilah yang diingat oleh rakyat Rusia sebagai kesalahan terbesar Rusia dalam sepanjang sejarah dunia. Pada tahn 1867 Amerika Serikat memang bukan negara apa-apa. Namun, dalam waktu tidak sampai 100 tahun kemudian Amerika Serikat bangkit menjadi penyelamat negara-negara Eropa dari gempuran Jepang, Jerman dan Fasis. Dan Alaska yang dikemudian hari diketahui menyimpan banyak sumber daya alam telah membantu Amerika Serikat untuk lebih cepat berkembang dari sebelum-sebelumnya.


 Sumber Gambar : http://urbananomie.com
Presiden Ronald Reagan Ditembak
Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan ditembak dari jarak dekat saat beliau baru keluar dari Hotel Hilton, Washington sekitar 1.3KM dari Gedung Putih.
Pelaku penembakan John Hinckley tidak mendapat hukuman karena terbukti mengalami sakit jiwa. Anak dari eksekutif industri minyak ini menembak presiden dengan dasar obsesi, bukan atas niat politik tertentu.
Peristiwa penembakan ini terjadi pada 30 Maret 1981.


 Sumber Gambar : https://farm5.staticflickr.com
Uni Soviet Menginvasi Austria.
Pada tanggal 30 Maret 1945 Uni Soviet menginvasi Austria pada saat Perang Dunia Kedua. Ketika perang berakhir. Austria dibagi menjadi empat zona kekuasaan dimana Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Rusia mengontrol Austria yang dulunya merupakan koloni terdekat Jerman. Mayoritas masyarakat Austria merupakan keturunan Jerman dan bahasa mayoritas di Austria merupakan bahasa Jerman. Hal ini menjadi kesempatan bagi Hitler untuk menanamkan kekuasaannya di Austria. Namun karena Jerman tak mampu membendung tentara yang tergabung dalam “Sekutu” maka perlahan-lahan daerah yang sebelumnya menjadi pusat terluar angkataran Jerman menjadi daerah yang juga ikut mengalami trauma paska perang. Karena mereka berada di pihak yang kalah perang.

Sumber Gambar : www.otrcat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 30 Maret Dalam Catatan Sejarah?"

Post a Comment