Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 29 Maret Dalam Catatan Sejarah?

Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 29 Maret Dalam Catatan Sejarah?

Dibangunnya Ibukota Pertama Brazil
Sebelum ibukota Brazil beralih ke Brasilia. Salvador Da Bahai merupakan ibukota pertama dari negara tersebut. Ibukota itu dibangun pada tanggal 29 Maret 1549 oleh para penjelajah Portugis yang tiba kesana untuk membentuk koloni.

Sumber Gambar : www.applelanguages.com


Ditandatanginya Perjanjian Saint Germain

Konflik berkepanjangan antara Inggris dan Prancis yang terjadi di tanah Eropa terbawa-bawa hingga ke tanah jajahan. Quebec (kini bagian dari Canada) yang sebelumnya sempat direbut oleh Inggris akhirnya resmi dikembalikan kedalam kekuasaan Prancis setelah penandatangan Treaty Of Saint Germain pada tanggal 29 Maret 1632.


Sumber Gambar : http://www.thepolyglotdream.com
Dibentuknya Negara Swiss
Pada tanggal 29 Maret 1798 Swiss membangun negara mereka yang pada saat itu masih berada dalam wilayah kolonial Prancis. Semangat persatuan multi etnis di Swiss sejak 29 Maret 1798 ini membuahkan hasil. 5 tahun kemudian Swiss berhasil membentuk konstitusi pemerintahan yang diakui oleh semua etnis yang berada di Swiss. Dan perlahan-lahan melepas cengkraman pengaruh Prancis.

Inggris Menjajah Punjabi (India)
Pada tanggal 29 Maret 1849 Inggris secara resmi berhasil menjajah Punjabi (India) setelah berhasil memenangkan perang dengan kaum Sikhs. Hal ini semakin memperkuat cengkraman Inggris di kawasan Asia.

Turki Mengakui Kemerdekaan Israel
Pada tanggal 29 Maret 1949 Turki secara resmi mengakui kemerdekaan Israel. Hampir semua negara Islam tidak mengakui kedaulatan negara Israel yang baru saja terbentuk satu tahun. Namun dengan adanya pengakuan Turki yang sebenarnya merupakan penguasa tanah Israel sebelumnya, memperjelas pengaruh politik kaum Yahudi  di Timur Tengah.

Pasukan Amerika Serikat Angkat Kaki dari Tanah Vietnam
Pada tanggal 29 maret 1973 batalion terakhir Amerika Serikat di Vietnam Selatan angkat kaki dari tanah Vietnam. Hal ini juga sebagai tanda bahwa Amerika Serikat yang berperang untuk kubu Republik Vietnam (Vietnam Selatan) mundur dari kancah persaingan. Perang ini akhirnya berakhir dengan kemenangan pihak Republik Demokratik Vietnam yang beraliran komunis. Perang Vietnam merupakan perang dimana pihak Amerika Serikat berada di pihak yang kalah. Konon katanya film Rambo dibuat untuk mengobati rasa sedih dan malu masyarakat Amerika Serikat akibat kekalahan mereka dalam konflik Vietnam ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 29 Maret Dalam Catatan Sejarah?"

Post a Comment