Apakah Lancang Kuning Itu Ada?



Apakah Lancang Kuning Itu Ada?

Well pertanyaan tentang “apakah Lancang Kuning itu ada” ini memang terkesan agak naif bagi saya. Sebuah pertanyaan yang lahir dari rasa keraguan tentang keberaan sebuah legenda. Baiklah untuk itu kita bahas dulu arti dari “legenda”. 

Legenda adalah sebuah cerita lama yang bersifat sulit untuk dipastikan keberadaannya adakah dia itu Nyata atau hanya Fantasy atau Mitos belaka. Legenda posisinya antara kebenaran, ataupun fakta-fakta yang mungkin belum terungkap dibalut oleh penyampaian cerita yang agak bersifat fantasy.


Kembali lagi ke pertanyaan awal “Apakah Lancang Kuning Itu Ada?”, jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah “Lancang Kuning Itu Cerita Legenda Yang kebenaran ceritanya perlu dikaji kembali dengan akal sehat, sama seperti kisah Bawang Putih-Bawang Merah ataupun cerita Gatot Kaca”. Namun pada masa sekarang sudah sangat banyak cerita-cerita sifatnya legenda itu telah dapat dibuktikan bahwa ia adalah benar terjadi disuatu masa dulu dengan penemuan bukti-bukti yang terkait dengan cerita fantasy itu.

Di Indonesia istilah Legenda juga dikenal sebagai istilah Dongeng. Biasanya orang mengidentikan “cerita lama” sebagai dongeng, artinya hanya sebuah cerita pengantar tidur yang tidak perlu dicari-cari fakta ceritanya tetapi yang penting adalah nilai pesan dari ceritera tersebut. Namun, pada kenyataanya dongeng-dongeng yang ada di Bumi Nusantara ini sebenarnya lebih banyak yang sifatnya adalah Legenda, dalam artian, masih 50%-50% antara kenyataan dan khayalan. Karena uniknya dongeng-dongeng di Nusantara ini bisa dijadikan kunci untuk membongkar sejarah lama jauh terpendam didalam tanah atau bahkan dari keyakinan kita sendiri.
lancang kuning


Kita terlalu lama dijajah Belanda. Sehingga kita terlalu menyepelekan sejarah bangsa sendiri. Kita terlalu lama dibodoh-bodohi Belanda sehingga secara tidak langsung kita menerima bahwa dari dulu sampai sekarang bangsa Nusantara ini memang tidak pernah merasakan kejayaan yang gemilang. Padahal sejarah tersurat lain, di Nusantara ini banyak tercipta karya-karya fenomenal yang dibangun di era-era ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu, era dimana penjajah kita Belanda dan Inggris masih hidup didalam zaman kegelapan atau “dark age” dalam istilah mereka. Para penjajah itu takut kebangkitan Nusantara, takut keadaan menjadi karma bagi mereka. Takut kalau giliran kita pula yang menguasai negara mereka. Bagaimanapun sekarang Inggris sudah merasakan tamparan keras dari bekas jajahannya yaitu Amerika Serikat, dimana negara jajahan mereka itu adalah negara yang membantu Inggris dari gempuran Nazi Jerman. Amerika Serikat, sebuah negara bekas jajahan Inggris dan dimusuhi Inggris cukup lama, namun akhirnya Inggris memelas meminta bantuan jajahannya untuk membantu mantan majikannya itu.

Kita kembali lagi ke pertanyaan. Apakah Lancang Kuning Itu Ada? Kalau saya pribadi berani menjawab, “iya, Lancang Kuning Itu Ada”, karena cerita-cerita Melayu jarang yang bersifat dongeng, kebanyakan cerita lama Melayu adalah Kisah nyata yang memang terjadi pada suatu masa lalu, masyarakat Melayu sangat kuat ingatannya merekam tragedi-tragedi di Negeri Mereka, seperti “Singapura Dilanggar Todak”, “Sultan Mahmud Mangkat Di Julang” ataupun “Kisah Kepahlawanan Hang Tuah” semua kisah ini adalah kenyataan yang memang seolah tak masuk akal, namun kesemuanya adalah Fakta Sejarah. Saya sangat yakin begitu pula Lancang Kuning. Hanya saja perlu pengkajian lebih lanjut tentang dimana Kapal Lancang Kuning nan tersohor itu tenggelam. Warna kuning memang warna kebesaran Kerajaan Melayu. Si Li Fo Shi, San Fo Shi ataupun Mo-Lo-Yeu yang ditulis oleh sejarawan Cina ratusan tahun yang lalu adalah fakta sejarah, sangat besar kemungkinannya Keberadaan Kapal Lancang Kuning itu juga adalah fakta sejarah. Lain ceritanya kalau cerita itu bercerita tentang “Kapal Lancang Biru”, ini agak aneh tentunya, karena sejak kapan pula warna Biru menjadi warna kebesaran kerajaan Melayu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Lancang Kuning Itu Ada?"

Post a Comment