Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 27 Maret Dalam Catatan Sejarah



Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 27 Maret Dalam Catatan Sejarah

Perjanjian Utrecht (Treaty Of Utrecht)

Pada tanggal 27 Maret 1713 Spanyol terpaksa menandatangani Perjanjian Utrecht (Treaty Of Utrecht) setelah berperang dengan Inggris. Perjanjian ini berisi penyerahan Menorca dan Gibraltar dari Spanyol ke Inggris.

Secara Geografis Gibraltar merupakan daerah Selatan Spanyol yang satu daratan dengan Spanyol. Namun, hingga ketahun 2016 ini Gibraltar masih berada dalam kekuasaan Inggris. Inggris sempat ingin memerdekakan Gibraltar atau mengembalikan Gibraltar kembali ke Spanyol bahkan paling tidak berbagi kekuasaan dengan Spanyol. Namun masyarakat Gibraltar menolak rancangan Inggris tersebut, masyarakat Gibraltar lebih memilih hidup dijajah Inggris daripada merdeka ataupun bergabung dengan Spanyol.

gibraltar

Gibraltar Sumber Gambar : fremontlibraries.wordpress.com

Perjanjian Amiens ( Treaty Of Amiens)
Perjanjian Amiens adalah perjanjian perdamaian antara pihak Kerajaan Prancis dengan pihak Revolusi yang dipimpin Napoleon Bonaparte pada tanggal 27 Maret 1802  . Perjanjian ini mengakhiri konflik bersenjata antara pihak revolisioner dan pihak kerajaan, dengan keputusan menurunkan tahta Raja Louis dan semua birokratnya dengan menggantikan sistem pemerintahan negara menjadi Demokratis.

Penggunaan Sidik Jari Untuk Pertama Kali 
Pada tanggal 27 Maret 1909 untuk pertamata kalinya bukti “Sidik Jari” digunakan untuk memecah misteri pembunuhan di Inggris. “Kantor Badan Sidik Jari” pertama didunia didirikan di Scotlandia 1901. Sedangkan “Badan Penyelidikan Sidik Jari” pertama didunia didiriakn di Calcutta, India pada tahun 1897.

Transfusi Darah Pertama Di Dunia
Pada tanggal 27 maret 1914 di ibukota Brussels Ibukota negara Belgia terjadi sebuah momen bersejarah dalam ilmu medis. Pada hari itu, untuk pertama kalinya transfusi darah berhasil, setelah terjadi banyak kegagalan dalam percobaan-percobaan sebelumnya. Hal ini menjadi momen paling penting dalam perkembangan ilmu kesehatan untuk masa kini.

transfusi darah

Sumber Gambar : fremontlibraries.wordpress.com

Jepang Memaksa Penduduk Jawa Menggunakan Standar Waktu Tokyo
Pada tanggal 27 Maret 1942, Jawa yang saat itu sudah diduduki Jepang dipaksa oleh pemerintah kolonial Jepang untuk memajukan standar waktu satu setengah jam lebih cepat dari sebelumnya supaya sama dengan waktu Tokyo.

Seribu Umat  Yahudi Prancis Dibawa Ke Kem Konsentrasi di Aushcwitz
Pada tanggal 27 Maret 1944 lebih kurang seribu masyarakat Yahudi di Drancy, Prancis dipaksa untuk meninggalkan rumah masing-masing untuk ditempatkan di Kem Konsentrasi di Aushcwitz. Disana mereka diperlakukan sebagai proyek percobaan oleh Nazi. Kem konsentrasi Aushcwitz menjadi saksi pembunuhan massal umat Yahudi oleh pemerintah Nazi Jerman.

Bom Bunuh Diri Di Israel Tewaskan 29 Penduduk
Pada tanggal 27 Maret 2002 terjadi bom bunuh diri di Netanya Israel. Bom ini membunuh 29 orang Israel. Bom ini memancing agresi militer Israel ke Palestina sebagai tindakan balasan atas penyerangan tersebut.

Meninggalnya Yuri Gagarin
Pada Tanggal 27 Maret 1968 astronot Uni Soviet yang bernama Yuri Gagarin meninggal dunia pada saat sesi latihan penerbangan. Yuri Gagarin dikenal sebagai manusia pertama yang terbang ke luar angkasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 27 Maret Dalam Catatan Sejarah"

Post a Comment