Alasan satu negara menjajah negara lain

Alasan satu negara menjajah negara lain
Dalam sejarah tercatat Indonesia pernah dijajah oleh berbagai macam negara, diantaranya Portugis, Spanyol, Inggris, Belanda dan Jepang. Sebenarnya apa yang memotivasi satu negara menjajah negara yang lain dan apa keuntungan dalam menjajah?

Tujuan Penjajahan

Tujuan Utama penjajahan sebenarnya memperluas kekuasaan dalam artian memperluas jangkauan ataupun sumber ekonomi . Alasan ekonomi adalah alasan pertama suatu negara menjajah negara yang lain. Namun pada kenyataannya penyebab satu negara menjajah negara lain juga berbeda-beda. Seperti contoh Portugis dan Spanyol yang berupaya mencari daerah baru diluar Eropa agar menjadi daerah kekuasaanya dengan tujuan Gold, Glory dan Gospel yang jika diartikan emas (kekayaan), kejayaan dan Injil (menyebarkan agama Kristen).

Portugis dan Spanyol menyeberangi lautan dengan semangat penaklukan untuk menguasai rempah-rempah dari dunia Timur dan juga ingin menyebarkan ajaran agama mereka.

satu negara menjajah negara lain
Perang Chacabuco

Sedangkan Belanda dan Inggris pada dasarnya melakukan penjelajahan karena alasan Ekonomi dan juga mengejar kejayaan. Belanda dan Inggris tidak menjadikan penyebaran agama sebagai motivasi paling utama mereka mencari daerah kekuasaan yang baru. 
 
Lain halnya dengan penjajahan Jepang terhadap Indonesia, setelah menjadi negara maju dengan produksi industry yang melimpah, Jepang boleh dikatakan tidak memiliki pasar sama sekali. Negara-negara dengan populasi yang besar berada dibawah pengaruh negara-negara Eropa. Inggris, Prancis dan Belanda memonopoli negara-negara yang mereka jajah di Asia Tenggara dan Asia Timur. Praktis Jepang sama sekali tidak memiliki sasaran pasar. Padahal populasi Asia Tenggara dan Asia Timur sangat besar dan merupakan pasar yang sangat menggiurkan.

Dipicu dengan alasan Ekonomi dan semangat perluasan kekuasaan Jepang akhirnya menyerang negara-negara Asia yang berada dibawah kekuasaan Asing (termasuk Indonesia yang saat itu sedang dijajah Belanda). Ada pernyataan seperti ini “Jepang memang kalah pada perang dunia ke II namun Jepang berhasil mencapai tujuannya”. Apalagi kalau bukan pasar, ya Jepang berhasil menjadikan negara-negara yang sebelumnya dikuasai bangsa asing menjadi pasar bebas bagi produk-produk mereka.

Gold, Glory dan Gospel merupakan alasan umum penjajahan. Jika di universalkan alasan satu negara menjajah negara lain agaknya seperti ini.

-          Alasan ekonomi
-          Ego sebagai penakluk (kebanggan sebagai penakluk)
-          Menyebarkan Agama

Ketiga alasan tersebut berbalut dengan satu ego penaklukkan yaitu “Vini, Vidi, Vici” yang berarti “Datang, Berjuang dan Menang”.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan satu negara menjajah negara lain"

Post a Comment