Penjelasan Tentang Lagu Adat Segantang Lada

Penjelasan Tentang Lagu Adat Segantang Lada

Lagu Segantang Lada adalah lagu daerah yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau yang diciptakan oleh budayawan terkenal Kepulauan Riau yaitu Drs. Daud Kadir. Dari lirik lagu Segantang Lada mencerminkan secara geografis bahwa Ibukota Kepulauan Riau terletak di Pulau Bintan. Lebih tepatnya lagi di Kota Tanjungpinang yang terletak di dalam Pulau Bintan. Lirik ini bisa kita temui pada bait Pertama sampai keempat.

Sedangkan pada lirik selanjutnya dijelaskan kerinduan seorang pria/wanita kepada pujaan hatinya. Lagu ini relatif sederhana dari segi lirik karena ringkas dan mudah dihafal. Dengan sekali mendengarnya pun kita sudah bisa menghafal lirik yang terdapat dalam lagu Segantang Lada ini.


Lagu Segantang Lada ini seolah sudah menjadi lagu wajib untuk dihafal penduduk Kepulauan Riau sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Terutama sekali pada pelajaran “muatan lokal”  biasanya para guru akan menyuruh murid –murid untuk menghafal lagu Segantang Lada.

Umumnya lagu Segantang Lada ini dinyanyikan dengan logat daerah Khas Kepulauan Riau yang merupakan logat Johor-Riau. Misalnya pada bait “Lada” yang dibaca “Lade”. “Namanya” dibaca “Namenye” kemudian “Bila” dibaca “Bile”.

Sedangkan makna historis yang tersirat dari judul lagu sendiri yaitu “Segantang Lada” bermakna, bahwa suatu ketika Sultan yang memerintah Kerajaan Johor-Riau hendak menghitung jumlah pulau yang terdapat di perairan Riau, karena banyaknya jumlah pulau yang ada disana kerap membuat Sultan terlupa sudah berapa pulau yang dilewati dan terhitung. Sehingga diambil inisiatif untuk menggunakan media “gantang” dan “lada”.
i love kepri

Disetiap pulau yang dilihat maka diletak sebiji “lada” kedalam “gantang”. Setelah melewati pulau-pulau yang terdapat di Kepulauan Riau (Riau) maka didapati bahwa gantang yang menjadi tempat ditadah (ditampung) tersebut telah penuh. Itulah makanya Kepulauan Riau disebut juga dengan istilah “Segantang Lada”.

Sebagai penduduk tempatan Kepulauan Riau yang sangat mencintai kampung halaman saya berharap semoga saja lagu tradisional ini tetap mendapat tempat tersendiri dihati masyarakat Kepulauan Riau. Semoga dikemudian hari Kepulauan Riau terus maju dan berkembang sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada seluruh masyarakatnya.

Gantang : Tempat Mensukat/Menciduk barang-barang dapur


Nah begitulah penjelasan tentang lagu adat segantang lada. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Dan anda semakin mencintai kampung halaman kita ini.

Lalu.... kalau ada orang Kepulauan Riau tak hafal lagu Segantang Lada bagaimana? Maaak dah melancot tu wai..... cepat tobat lah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Tentang Lagu Adat Segantang Lada"

Post a Comment