Mengenal Uzbekistan Lebih Dekat

Mengenal Uzbekistan Lebih Dekat

Baru saja semalam Uzbekistan berhasil menjuarai Piala Asia U23 setelah berhasil menaklukkan Vietnam melalui pertandingan sengit. Laga yang berlangsung sampai perpanjangan waktu babak kedua itu menampilkan aksi dramatis kedua kesebalasan untuk merebut tropi Piala Asia dari tangan juara bertahan Jepang. Keberhasilan Uzbekistan meraih juara Piala Asia U23 dianggap pantas setelah sebelumnya melakoni laga perempat final dengan skor telak menghadapi Jepang 4-0 dan di semifinal membantai Korea Selatan dengan skor 4-1.

Final yang berlangsung ditengah badai salju yang membuat rumput distadion Beijing tersebut memutih tertutup salju akhirnya menjadi memory menyenangkan bagi Uzbekistan. Keberhasilan mereka menghentikan aksi magic Vietnam yang tampil spartan akhirnya membawa nama Uzbekistan melejit menjadi negara yang digeruni di pentas Asia.

Uzbekistan dan Kazakhtan (tetangga Uzbekistan) bagi masyarakat Asia tenggara identik dengan bangsa Mongol dan penampilan fisik mereka yang menarik. Ada wajah wajah cantik ala Asia, Eropa dan Arab yang berpadu disana. Untuk mengenal Uzbekistan lebih jauh silakan lanjut membaca artikel ini.

bendera uzbekistan
bendera Uzbekistan

Sejarah Singkat Uzbekistan
Uzbekistan yang secara geografis terletak di kawasan Asia Tengah merupakan sebuah negeri yang telah terkenal sejak dulu kala. Kawasan yang dahulunya dihuni oleh orang-orang berbahasa Persia sejak zaman era kejayaan Transoxiana terdiri atas 12 Propinsi yang secara menyeluruh berbatasan dengan negara sekitarnya yang juga berakhiran “tan” seperti Kazakhtan, Turmenistan, Kirgystan, Afghanistan dan Tajikistan. #mungkin berjiran juga dengan Tanjungrambutan# (^_^).

Pada era kejayaan Islam, Uzbekistan seperti beberapa kawasan disekitarnya memeluk Agama Islam sejak abad 7 Masehi, dan mempertahankan diri serta bergabung dengan kekuasaan Mongol pada era Invasi bangsa Mongol pada Abad 13.

Kawasan Uzbekistan menjadi sangat penting pada era “Jalur Sutra” dimana pada masa itu terbangun kota Megah nan terkenal yaitu Samarkand yang merupakan kota perpaduan budaya Asia, Arab dan Eropa berbaur disana. Kota Samarkand sendiri merupakan Kota tertua di Asia Tengah.

Dengan alamnya yang subur serta posisi yang strategis pada masa Jalur Sutra Uzbekistan menjadi negeri rebutan negera-negara besar pada era masing-masing, diantaranya Romawi, Turki, Mongol serta Persia saling berebut pengaruh di negeri itu. “agaknya itu sebabnya kenapa wajah orang Uzbekistan ganteng dan cantik-cantik karena perpaduan dari berbagai macam gen bermutu.... yaaaah”.

Pada tahun 1920 Masehi Uzbekistan yang saat itu secara kekuasaan bernama Bukhara bergabung dengan Uni Soviet sampai era hancurnya Uni Soviet dan mendirikan negara merdeka pada tahun 1992 (diakui PBB 2 Maret 1992). Sedangkan deklarasi kemerdekaan Uzbekistan diperingati setiap tanggal 31 Agustus, mengenang failed coupt attempt . Kemudian pada tanggal 1 September 1991 di proklamirkan lah negara yang bernama Uzbekistan yang kita kenal sekarang.

Sosial dan Ekonomi Uzbekistan
Negara beribukota Tashkent itu memiliki populasi kurang lebih 33 juta jiwa. Mayoritas penduduk Uzbekistan beragama Islam (sekitar 96.3%) dan selebihnya ada juga penganut agama Kristen Ortodox serta Yahudi yang hidup berdampingan dalam kondisi relatif aman dan toleran.


Bahasa Uzbek merupakan bahasa resmi di Uzbekistan yang merupakan turunan dari Bahasa Turki Uyghur. Namun begitu terdapat juga masyarakat yang masih fasih berbahasa Rusia dan Persia.

Dalam hal Musik masyarakat Uzbekistan menganal musik klasik yang sudah berkembang pada era abad 15 Masehi yaitu Shashmaqam. Yah kalau di Kepri seperti Orkes Melayu lah agaknya.

Karena terdiri dari berbagai macam latar belakang budaya yang kemudian terangkum menjadi Uzbek. Secara selera makanan masyarakat Uzbekistan juga mempunyai perpaduan itu dalam hal makanan. Roti dan Mi menjadi sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Uzbekistan, dan ada juga makanan yang terdiri dari Nasi. > jadi kalau mau ganteng dan cantik seperti orang Uzbek makan Roti dan Mi,,, eh (^_^).

makanan khas uzbekistan
makanan Uzbekistan berbahan nasi "Plov" macam Nasi Goreng ye Wak?

Untuk urusan Iklim di Uzbekistan, pada saat musim dingin bisa mencapai -23*C jadi bukan tempat yang tepat bagi kita yang kalau kena hujan aja mimisan. Sedangkan pada musim panas mencapai 40*C,,, lumayan kepanasan juga kita kalau hidup di iklim segitu. Jadi ane sarankan buat agan-agan yang pengen ke Uzbekistan pilih pada saat cuaca di Uzbekistan sedang relatif sama dengan kita. Mungkin ini juga alasannya kenapa tim sepakbola Uzbekistan bisa bermain di berbagai macam situasi cuaca. Panas dan dingin terbiasa mereka alami.

Eng mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang Uzbekistan saat ini. mungkin pada postingan lainnya akan kembali saya bahas tentang negara yang jauh dimata dekat dihati bagi masyarakat Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam ini karena memiliki kedekatan ukhuwah secara religi, yaitu Islam.


Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga perjalanan anda ke Uzbekistan menyenangkan, eh lagi. (^________^) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Uzbekistan Lebih Dekat"

Post a Comment