Fenomena Super Blue Moon

Fenomena Super Blue Moon

Hari ini tanggal 31 Januari 2018, kembali kita akan menjadi saksi fenomena alam yang  terakhir terjadi pada tahun 1866 Masehi. Pada malam nanti akan terjadi Gerhana bulan dan sekaligus Supermoon yaitu bulan lebih dekat dengan Bumi. Hal ini mengakibatkan Bulan akan menjadi tampak lebih indah malam ini. namun jangan bayangkan blue disitu benar-benar biru, karena malam nanti bulan akan terlihat merah-orange karena bulan berada sejajar dengan Matahari dan Bumi.

Di Indonesia kawasan yang akan melihat fenomena Super Blue Moon adalah Jawa Timur, Kalimantan, Papua dan Sulawesi, Serta Maluku dan sekitarnya sedangkan di Malaysia Super Blue Moon bisa terlihat lebih jelas di kawasan Malaysia Timur yaitu Sabah-Serawak beserta Negara Brunei Darussalam Tentunya. Sedangkan kawasan Filipina, Jepang, Rusia Timur, Cina Timur, Hongkong, Vietnam, Selandia Baru, Korea dan Taiwan juga mengalami hal serupa.

Untuk kawasan Kita di Kepulauan Riau beserta Pulau Sumatera, Singapura, Malaysia, Thailand, Jawa bagian Barat, Myanmar, India, Cina Bagian Barat, Asia Selatan seluruhnya, Asia Barat, Amerika Serikat, Canada serta Amerika Tengah akan melihat sebagian saja dari fenomena Super Blue Moon nanti malam.

super blue moon



Apa Itu Super Blue Moon atau Bulan Biru Total?

Super Blue Moon adalah kejadian langka yang terpadu dari tiga hal langka juga yaitu Supermoon (bulan dekat dengan Bumi), blood moon dan Blue Moon (menurut Petro, NASA).

Dari perpaduan ketiga hal tersebut, Super Blue Moon nanti malam ditambah pula dengan kondisi Gerhana Bulan yang terjadi disaat bersamaan yaitu malam nanti. Dengan demikian menurut para ahli antariksa, Bulan akan terlihat lebih Cerah, Lebih Besar serta tentunya lebih indah malam nanti.

Malam ini para ahli antarariksa akan melakukan penelitian terkait tentang kawasan terbaik dibulan untuk dikunjungi. Sedangkan bagi masyarakat awam dapat menikmati suasana Super Blue Moon setidaknya dalam kondisi yang romantis.

Apa Itu Blue Moon? Apakah Bulan Benar-benar berwarna Biru?

Blue Moon sebenarnya di deskripsikan untuk Purnama kedua yang terjadi dalam sebulan. Karena Bulan Purnama terjadi 15 hari sekali, maka sangat jarang didapatkan akan terjadi Bulan Purnama dalam Bulan yang sama. Contohnya misal pada Bulan Januari ini, terakhir terjadi Purnama pada tanggal 2 Januari lalu, kemudian pada bulan yang sama ini terjadi lagi pada Tanggal 31 Januari ini.

Jadi yang dimaksudkan Blue Moon bukanlah bulan yang benar-benar berwarna biru. Jadi ketepikan harapan untuk melihat Bulan berwarna kebiruan nanti malam.

Nah, untuk kawan-kawan dimanapun kamu berada khususnya di Kepulauan Riau, terutama bagi yang Muslim, jangan lupa malam ini untuk ikut “Shalat Gerhana”. Karena segala sesuatu yang terjadi di alam raya ini bukanlah suatu kebetulan, tetapi memang sudah dirancang sedemikian rupa oleh ALLAH. Untuk itu ada baiknya fenomena alam malam nanti, membuat kita semakin mengerti kekuasaan ALLAH.


Demikian penjelasan Singkat saya terkait Super Blue Moon malam nanti. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fenomena Super Blue Moon"

Post a Comment