Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 28 Maret Dalam Catatan Sejarah?





Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 28 Maret Dalam Catatan Sejarah?



Berakhirnya Perang Saudara Spanyol
Pada tanggal 28 Maret 1939 berakhirlah perang saudara di Spanyol. Hasil perang ini membawa Spanyol dibawah kekuasaan General Fransisco Franco. Perang Spanyol berrmula pada tahun 1936. Beberapa negara juga ikut serta dalam peran gini seperti pihak Uni Soviet dan Mexico yang mendukung pemerintahan yang ada sedangkan pihak Italia dan Jerman mendukung pihak pemberontak.
Dalam perang ini diperkirakan 100.000 penduduk Spanyol meninggal dunia.


Sumber Gambar : www.gettyimages.com

Meninggalnya Presiden Amerika Eisenhower
Presiden Amerika Eisenhower meninggal dunia pada tanggal 28 Maret 1969. Eisenhover meninggal dikarenakan penyakit yang diidapnya, yaitu penyakit gagal jantung.
Eisenhover memimpin Amerika Serikat disaat Amerika sedang mengalami isu “Perang Dingin” dengan pihak Uni Soviet. Eisenhowe menganggarkan anggaran perang dengan penggunaan bahan nuklir agar lebih efektif dan efisien.

Jerman Negara Pertama Yang Mengakui Kemerdekaan Kosovo
Pada tanggal 28 Maret 2008 Jerman menjadi negara pertama yang secara resmi mengakui kemerdekaan Kosovo hal ini kemudian berlanjut ke langkah pengiriman Duta Besar Jerman untuk Kosovo Prishtina.

Penyerangan Bangsa Viking Ke Kota Paris  
Pada tanggal 28 Maret 845, Kota Paris diserang oleh bangsa Viking dibawah pimpinan Ragnar Lodrok. Serangan ini membuat rakyat Frank (Prancis) banyak yang meninggal dunia. Hingga akhirnya dijalin kesepatakan damai antara kedua pihak. Dimana, pihak Frank wajib memberikan semua cadangan makanan untuk bangsa Viking, kalau tidak maka semua penduduk Paris dan bangsa Frank akan terus diburu dan dibunuh oleh bangsa Viking.

Prancis dan Inggris Menyatakan Perang Terhadap Rusia
Pada tanggal 28 Maret 1854 Inggris dan Prancis menyatakan perang dengan Rusia. Hal ini secara resmi membuat pihak Rusia harus bertempur dengan 4 negara sekaligus dalam “Crimean War” atau “Perang Krimea”. Turki, Inggris, Prancis dan Sardinia (Italia) membentuk sekutu bersama untuk meredam kekuatan pasukan militer Rusia. Walaupun secara politik Rusia didukung oleh Yunani namun pada saat itu Yunani tidak bisa ikut perang secara frontal karena mereka hanya mampu mengirim lebih kurang 1.000 tentara untuk ikut perang. Sedangkan Rusia mempersiapkan 700.000 tentara, Prancis 300.000 tentara, Turki, 300.000 tentara, Inggris 200.000 tentara dan Sardinia 8.000 tentara. Perang ini dimenangkan oleh pihak sekutu, Turki, Inggris, Prancis dan Sardinia, sedangkan jumlah total korban dari semua pihak berjumlah hampir 800.000 dimana separuhnya adalah tentara Russia.


 Sumber Gambar : popular-resistance.blogspot.com

Kemenganan Pasukan Jepang Atas Rusia Di Chengiu
Pada tanggal 28 Maret 1904 pasukan Jepang menjelajahi kawasan Korea dan mengalahkan pasukan Rusia yang berada di Kota Chengiu. Akhir konflik kawasan Manchuria yang dimenangkan oleh Jepang ini telah menyadarkan Asia bahwa bangsa Asia juga bisa mengalahkan bangsa Eropa. Dimana sebelumnya bangsa Asia selalu dibawah bayang-bayang kolonialisasi Eropa namun perang Rusia-Jepang ini telah membuktikan bahwa mitos-mitos kuno itu tidak berlaku.


Sumber Gambar : http://www.conflicts.rem33.com

Penggantian Nama Dua Kota Di Turki
Dua kota yang ada di Turki pada tanggal 28 Maret 1930 Constantinople dan Angora secara resmi berganti nama menjadi Istanbul dan Ankara. Dimana kini Ankara menjadi ibukota Turki sedangkan Istanbul merupakan Kota yang menjadi pusat perpaduan antara Asia dan Eropa. Istanbul (Constantinople) merupakan ibukota Romawi Timur namun pada tahun 1453 jatuh ke tangan pihak Turki dibawah pimpinan Muhammad Al Fath.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 28 Maret Dalam Catatan Sejarah?"

Post a Comment