Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 25 Maret Dalam Catatan Sejarah?



Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 25 Maret Dalam Catatan Sejarah?

    1.       Pembangunan Kota Venisia

Pada Tanggal 25 Maret 421 Masehi, kota Venisia secara resmi dibuka. Kota ini menjadi sebuah kota pusat perdagangan di Eropa. Para pedagang dari Asia, Arab dan Eropa berkumpul di Kota ini menjual hasil bumi ataupun karya dari daerah masing-masing. Sebagai kota yang menjadi pasar bebas, kota Venesia menjadi kota yang makmur. Uniknya kota ini berdiri diatas air, hingga kehari ini Venesia masih menjadi daya tarik tersendiri walaupun berganti fungsi menjadi Kota Objek Wisata karena peran Venesia sebagai kawasan perdagangan perlahan berganti seiring perkembangan zaman.

kota venesia

 Sumber Gambar : forum.paradoxplaza.com


      2.       Robert De Bruce Menjadi Raja Skotlandia

Pada tanggal 25 Maret 1306, Robert De Bruce berhasil menjadi Raja Skotlandia setelah melalui berbagai peperangan dengan negara penjajah mereka yaitu Inggris. Robert De Bruce yang awalnya hanya bertahta sebagai Raja Boneka, didalam pemerintahan jajahan Inggris akhirnya menyusun kekuatan rakyatnya untuk berperang menghadapi Inggris selepas perjuangan salah satu rakyatnya “William Wallace” menentang Inggris. Namun pada saat William Wales sedang berperang menghadapi Inggris, Robert De Bruce justru memihak Inggris karena takut tahtanya sebagai Raja Boneka dicabut oleh Inggris. Namun selepas kematian heroik William Wallace, Robert De Bruce menyadari bahwa rakyat Skotlandia memang siap berjuang sampai mati untuk memerdekakan Skotlandia dan menjadikan dia sebagai Raja Skotlandia yang merdeka.

Robert De Bruce menebus kesalahannya dengan menyusun kembali kekuatan rakyat Skotlandia untuk berjuang sampai tetes darah penghabisan menghadapi Inggris. Akhirnya Inggris tidak mampu membendung perjuangan rakyat Skotlandia untuk merdeka. Dan Robert De Bruce menjadi Raja Skotlandia yang sah dan merdeka.

Perang kemerdekaan Skotlandia dibawah pimpinan William Wallace ini difilmkan, disturadarai oleh Mel Gibson yang juga berperan sebagai William Wallace. Film produksi di tahun 1995 ini berjudul braveheart.

film braveheart
 Sumber Gambar : www.historiasiglo20.org

      3.       Hukum Pelarangan Penjualan Budak Oleh Inggris

Pada tanggal 25 Maret 1807 Inggris mengeluarkan hukum pelarangan penjualan budak. Bagi siapa saja yang melanggar hukum ini harus membayar $100 bagi setiap budak yang dibawanya (di dalam kapal).

Sebuah hukum yang sangat baik ini harus dimulai dengan nestapa bagi para budak yang sudah terlanjur dibawa. Ironisnya, kebanyakan Kapten kapal yang berlayar menuju Inggris setelah mengetahui adanya hukum ini langsung membuang ke Laut para budak yang sudah terlanjur hendak dibawanya ke daratan.

penjualan budak
 Sumber Gambar : criticallegalthinking.com

     4.       Perjanjian Versailles (Treaty Of Versailles)

Pada tanggal 25 Maret 1920 terjadi Perjanjian Versailles antara Jerman dan Prancis. Perjanjian ini adalah kesepakatan antara kedua pihak untuk menunda pembayaran hutang pihak Jerman yang kalah dalam perang dunia pertama. Jerman meminta tempo pembayaran hutang sebesar $2.000.000 . sebenarnya pada tanggal 25 Maret 1920 ini pihak Jerman sudah harus membayar hutang mereka yang telah disepakati bersama satu tahun sebelumnyam, namun hingga 25 maret 1920 Jerman masih menolak membayar atau meminta jeda waktu pembayaran. Akibat merasa sebagai pihak yang dirugikan karena harus membayar hutang yang besar itu, sedangkan Jerman sendiri tengah membangun prasarana ekonomi untuk membangun ulang negaranya membuat pihak Jerman perlahan-lahan menyusun ulang anggaran Belanja Negara mereka untuk memperkuat armada militer mereka dan merencakan perang baru yang jauh lebih dahsyat dari Perang Dunia pertama.

perjanjian versailles
 Sumber Gambar : www.people.virginia.edu

     5.       Perjanjian Roma (Treaty Of Rome)

Pada tanggal 25 Maret 1957 beberapa negara Eropa sepakat untuk mendirikan EEC (European Economic Community). Anggota pertama Masyarakat Ekonomi Eropa itu awalnya ialah Prancis, Jerman Barat, Italia, Belanda, Belgia dan Lexemburg menandatangani kesepatakan bersama untuk membangun pasar bebas di kawasan eropa.

perjanjian roma
 Sumber Gambar : www.historiasiglo20.org

     6.       Percobaan Pembunuhan Terhadap Raja Arab Saudi

Pada tanggal 25 Maret 1975 Raja Faisal dari Arab Saudi mengalami luka serius setelah ditembak 3 kali oleh keponakannya sendiri Pangeran Faisal Ibu Musaen pada saat acara kenegaraan. Pangeran Faisal Bin Musaed kemudian dihukum pancung didepan publik atas kesalahan yang dilakukannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Peristiwa Yang Terjadi Pada 25 Maret Dalam Catatan Sejarah?"

Post a Comment