Tips dan Strategi main age of empire 2

Tips dan Strategi main age of empire 2

Age of Empire adalah sebuah game strategi mengenai cara membangun sebuah kerajaan. Dalam game ini kita akan berperan sebagai seorang Penguasa yang membangun kampung halaman kita.

Pada game ini kita akan berlomba-lomba dengan musuh untuk memajukan kerajaan masing-masing. Hal-hal yang paling utama untuk memajukan kerajaan ialah meningkatkan sumber pendapatan, nah untuk mendapatkan sumber daya inilah yang menyebabkan bentrok antar kerajaan dan terus menerus memancing peperangan.

Ada empat instrument ekonomi dalam game ini, yaitu Gold= Emas, Stone= Batu, Food= Makanan dan Wood= Kayu. Semakin banyak income kita di keempat bidang tersebut maka semakin besar kemungkinan kita untuk memenangkan pertempuran.

Game ini bisa dimainkan sendiri dan juga bisa dimainkan bersama teman-teman anda dengan menggunakan LAN (local area network).



Memilih Negara

Ketika main menggunakan LAN dengan teman-teman perhatikan dalam memilih negara. Pilih negara-negara tangguh seperti Spanish, Korea, byzantine, Briton, Viking, China atau Teutons.

Spanish= memiliki full upgrade, Spanish memiliki tentara kuda seperti Qunquestador dan Paladin (Pasukan berkuda level tertinggi) yang sangat tangguh. Saya menyarankan anda menggunakan Spanish terlebih jika teman anda menggunakan Frank, Teuton, Aztec, Viking, Japan kelima negara ini umumnya lemah jika berperang jarak jauh. Pasukan qonquestador spanyol akan dengan mudah menembak pasukan-pasukan kelima negara sambil berundur menuju kastil anda yang terdekat. Boleh dikatakan strategi seperti ini akan membuat lawan frustasi. Untuk jarak dekat Spanish juga memiliki Paladin yang dapat menjadi andalan anda untuk perang jarak dekat. Paladin letakkan dimedan pertempuran didepan dengan pasukan qonquestador di belakangnya akan sangat sulit dikalahkan.

Korea= Korea memiliki pasukan kastil yang sangat kuat, dengan kuda pelontarnya menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Kuda ini sangat tangguh untuk pertempuran jarak dekat. Cover pasukan kuda pelontar ini dengan sedikit perpaduan pasukan pedang,tombak dan kuda, maka akan menjadikan militer anda semakin kuat.

Byzantine= Byzantine memiliki pasukan kastil yang sangat kuat untuk pertempuran jarak dekat. Pasukan kastil byzantine memiliki kekuatan seperti pasukan Paladin hanya saja pasukan kastil ini lebih tahan dari tembakan panah (baik kastil ataupun tentara). Padukan pasukan kuda byzantine dengan pasukan pedang, maka musuh akan kesulitan untuk menghadapi pasukan anda.

Briton= pasukan kastil Briton adalah pasukan panah yang memiliki kemampuan menembak jarak jauh dengan sangat baik, namun pasukan Panah Briton ini sangat lemah jika bertempur dalam jarak dekat. Saran saya cover pasukan panah Briton dengan pasukan Tombak (dipegang). Keunggulan lain Briton adalah memiliki kastil dan tower yang paling kuat dibandingkan negara-negara lain. Briton negara yang sangat baik dalam pertahanan.

Viking= Viking adalah negara yang sangat tangguh untuk bermain di Pulau, mereka memiliki kapal special yang memiliki keunggulan yang lebih baik dari negara lain. Saat bertempur menggunakan map style di laut (Island, Team Island & Archipelago) gunakanlah Viking. Cover kapal special Viking dengan beberapa kapal regular lainnya akan membuat pasukan laut Viking sangat susah dikalahkan.

China= China memiliki pasukan Panah Kastil yang memiliki tembakan jarak jauh sangat baik. Pasukan panah China jika berhadapan dengan pasukan infantry tentu saja lebih unggul. Cover pasukan panah dengan pasukan tombak. Maka pasukan anda akan semakin tangguh.

Teuton= pasukan infantry Teutons adalah pasukan yang sangat tangguh dalam bertempur satu lawan satu, hanya sayang pergerakannya sangat lambat. Pasukan Kastil teuton (infantry) bisa mengalahkan pasukan Paladin untuk duel satu lawan satu. Cover pasukan Teutons dengan pasukan panah maka akan sangat sulit untuk dikalahkan.

Selain beberapa negara diatas, ada juga Persia yang memiliki pasukan Gajah. Sayangnya pasukan gajah Persia ini sangat lamban geraknya. Jika ekonomi anda kuat maka anda bisa saja membangun pasukan dalam jumlah yang banyak dan tentu akan sangat sulit dikalahkan.

Pasukan Turki Jenessary juga cukup tangguh jika di cover oleh pasukan kuda dan tombak.

Keunggulan Aztec

Jika anda berencana untuk menjadi penyerang dengan cepat mulai dari zaman 1 hingga 2 dan tidak berfikir untuk bermain hingga ke zaman kastil cobalah gunakan Aztec. Tentara Aztec sangat tangguh dibandingkan negara lain jika anda dan lawan anda masih bermain di zaman dark age dan feudal. Namun pasukan Aztec kalah bersaing saat musuh sudah masuk zaman Kastil. Berencana untuk bermain instant, maka gunakanlah Aztec.

Stategi dalam ekonomi

Permulaan permainan sangat berpengaruh pada game empire. Umumnya zaman dark age (zaman 1) kita akan berlomba-lomba dengan lawan-lawan kita untuk meluaskan wilayah dan memperkuat ekonomi.

Saran saya, antar Kuda (light cavalery) kesetiap sudut peta untuk mengetahui dimana musuh anda, kemudian anda fokuslah untuk meningkatkan makanan sebanyak-banyaknya.

Kumpulkan domba didekat rumah induk, serta carilah sumber buah cherry dan buat rumah pengumpul makanan didekat cherry.

Lalu carilah babi, karena babi memiliki 350 Food. Paling tidak kerahkan 5 orang untuk membunuh satu babi. Dimulai dengan satu orang memancing babi tersebut dengan memanah dan arahkan satu orang yang ditugaskan menyerang babi tersebut kearah rumah makanan atau rumah induk yang telah ditunggu oleh 4 orang pekerja anda. Kemudian panahlah babi tersebut disaat bersamaan. Maka anda akan mengumpulkan 350 makanan dalam waktu cepat.

Ketika penduduk sudah mencapai 25 orang, kerahkan 18 diantara untuk bekerja sebagai penebang kayu. Buat rumah kayu dekat dengan hutan. Kerahkan dua orang untuk mendekati rumah induk musuh lalu buatlah rumah tentara didekat rumah induk musuh (tapi jangan sampai ketahuan). 1 bekerja untuk mengumpulkan emas, 1 untuk batu dan 3 orang buatlah ladang. Saat makanan terkumpul sedikit demi sedikit buatlah orang satu-persatu untuk membuat ladang.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Tips dan Strategi main age of empire 2"

  1. Kayaknya yang Byzantine salah deh, soalnya armornya lebih tebel paladin. Ke ungulan Byzantine itu bukan pada panah tapi pada infantri soalnya paladin kalah lawan pikeman dan sodaranya.

    Briton juga salah kastil yang paling kuat kayaknya Byzantine soalnya ada bonus darah. Terus longbow itu pasukan yang paling kuat asal dibuat masal(alasan kenapa yang pakek briton buat kastil bayak") jaraknya yang sangat jauh bisa bunuh musuh dengan sangat mudah sebelum mereka mendekat. Tapi mereka rawan sama ram dan cannon jadi longbow harus ditemani beberapa cavalier(sebelum paladin).

    Kebetulan ini dua civilizations yang sering aku gunakan

    ReplyDelete
  2. memang benar armornya lebih tebal paladin... tetapi secara ekonomis lebih efisien menggunakan pasukan kastil byzantin. benar kelemahan paladin itu pikeman.
    untuk kekuatan kastil briton itu karena memang pasukan panah mereka yang kuat alias tembakannya jauh. untuk urusan kastil mana yang paling kuat ya relatif juga, karena ada yang lebih suka pakai kastil Maya karena paling kuat katanya.....
    terimakasih kritiknya bro.... yang paling penting memang pandai-pandai menerapkan strategi dan dipadukan dengan kelicikan... baru bisa menang... hehe

    ReplyDelete
  3. menurut ane Byzantines lah yg paling kuat, karena unit Cataphract tahan pikeman/halbedir, pasukan unta/Mameluke bahkan Teutonic knight skalipun dan semua infantry (huskarl,woad rider dll). Kalau di area darat Cataphract, diarea laut Byzantines bisa pakai Fast Fire Ship, Galleon dan Bombard tower diarea pantai.

    Dengan begini Byzantines lah yg bakal unggul dalam pasukan berkuda, tapi kalau gajah nyerang gimana? gampang tinggal convert aja pakai monk, tapi jika yg nyerang pakai paladin? seperti kata pepatah, gebukin aja rame-rame hehe. Nice post gan

    ReplyDelete
  4. menurut ane mending moveon 2019 nih
    ni yg komen setaun sekali ya 2016 2017 2018 lah gw 2019

    ReplyDelete
  5. Akhir 2019 masih main dikantor bareng temen, seru nya masih berasa

    ReplyDelete
  6. Lah ane bacanya tahun 2021, nostalgia banget dah

    ReplyDelete