Tips anti galau

Tips anti galau

Sebagai manusia kita tentu pernah mengalami masa-masa sulit ketika sedang mengalami permasalahan keluarga ataupun permasalahan dalam percintaan. Akan terasa lebih berat lagi jika kedua permasalahan tersebut datang tanpa antrian terlebih dahulu, dengan kata lain “terjadi diwaktu yang sama”. Ini akan menyebabkan kita mengalami sindrom galau tingkat akut.

Sebenarnya sudah banyak yang menuliskan tentang tips anti galau. Ane rasa tidak ada salahnya ane juga berbagi tips anti galau yang pernah ane praktekkan sendiri. Berikut tips anti galau tersebut :


-. Dekatkan diri pada Yang Maha Kuasa

Saat sedang mengalami kegalauan tak jarang kita mengeluh sendiri baik secara lisan ataupun dengan membuat status di Facebook yang berisi keluhan-keluhan akan cinta atapun status tentang sikap pesimis terhadap masa depan percintaan.

Nah, daripada mengeluh gak karuan mendingan curhat langsung kepada Yang Maha Kuasa. Bagi yang beragama Islam bisa Shalat dan yang beragama lain bisa melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan masing masing.

Terkadang saat kita curhat kepada teman atau sahabat, mereka tidak benar-benar mengerti letak permasalahan kita. Setiap orang tentu memiliki permasalahan hidup masing-masing, maka ketika sedang galau terkadang ada masanya kita memang tidak memiliki siapa-siapa lagi untuk tempat berbagi(setidaknya bercerita). Bikin status di Facebook pun palingan akan di like (orang lagi galau kok suka) atau di comment singkat (galau bro?). Makin sakit kan?

Apabila level kegalauan terus meningkat tentu akan berpengaruh terhadap kesehatan kita. Benar kata pepatah “makan tak nyenyak tidur tak kenyang”, kebalik ya? Memang.

Pada prakteknya langsung saja berdo’a kepada Yang Maha Kuasa, contohnya seperti ini :

“Ya Allah, aku sedang galau. Tolong aku ya Allah, tidak ada siapa-siapa lagi yang bisa menolongku kecuali engkau ya Rabb. Masak Meghan Trainor  tega mutusin aku ya Allah? Aku masih sangat mencintainya, tolong lah hamba ya Allah, kalau memang dia bukan tercipta sebagai pendamping hidupku pertemukanlah aku dengan gadis lain yang lebih cantik, tajir, pintar dan baik dari Meghan Trainor ya Allah”  (ini contoh ya, mohon maaf kepada Si Meghan karena sudah menggunakan namanya)

Teruskan mengeluh dan berdo’a atau lebih mudahnya katakanlah curhat kepada sosok yang tidak Nampak tetapi bisa kita rasakan dihati. Bukankah cinta memang begitu? Ada tapi gak keliatan.

Biasanya setelah curhat, hatimu akan merasa lebih tenang dari sebelumnya. Jika galau lagi, lakukan hal yang sama berulang-ulang.

Tambahan : Bagi yang Muslim, coba peluk Al Qur’an disaat sedang galau. Percayalah bahwa Al Qur’an adalah kitab suci yang diberikan Allah kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Rasakan sensasi dingin di dada dan jiwamu saat sedang memeluk Al Qur’an. Ingatlah kita hanya Makhluk Allah yang hanya berasal dari tanah. Saat merasakan sensasi dinginnya Al Qur’an tersebut biasanya kita mampu untuk tersenyum dan menemukan jalan keluar.

tips anti galau

Olahraga
Kamu bisa mulai berolahraga, misalnya jogging atau sepakbola. Keringat melepaskan zat-zat yang tidak baik bagi tubuh kita dan secara medis olahraga memang bisa mengurangi stress. Mungkin Itu sebabnya kenapa orang yang suka olahraga kelihatan selalu muda (awet muda).

Kalau malas untuk melakukan aktivitas olahraga di luar rumah (terkadang kalau lagi galau kita males kemana-mana). Kamu bisa berolahraga didalam rumah seperti mengepel, mencuci baju, membersihkan selokan, mencuci piring atau terserah mau ngapain aja, yang penting intinya buatlah kegiatan simple tetapi dapat mengeluarkan keringat.

Main Game
Cobalah untuk bermain game strategi saat sedang menggalau. Biasanya dengan memasuki alam imajinasi yang lebih kompleks dapat mengurangi tingkat kosentrasi kita terhadap hal-hal real yang sempat mengganggu fikiran kita didunia nyata. Tapi ingat ini hanya untuk pelarian, fokus kita tetap harus pada dunia yang nyata.

Salah satu contoh game yang bisa mengurangi beban fikiran didunia nyata yang ane mainkan adalah game “age of empire”. Bagi yang belum tau apa itu empire dan berniat untuk mencobanya dapat menemukan penjelasannya di akhir tulisan ini “Baca Juga”.

Menulis
Ada banyak orang yang merasa lega ketika menuliskan permasalahan-permasalah hidupnya disecarik kertas (kalau sekarang bisa di Laptop dsb). Strategi Mind Mapping atau menuliskan segala macam permasalahan hidupmu akan mempermudahkan untuk menarik kesimpulan dimana letak kesalahan dan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah.

Bagi yang tidak terbiasa melakukan Mind mapping bisa menggantinya dengan menulis puisi. Coba dengarkan lagu-lagu cinta sebagai bahan rujukan, kemudian tulislah puisi tentang curahan isi hatimu. Kamu akan merasa lega selepas tulisanmu komplit dan galau pun akan menghilang.

Tambahan : Simpan tulisan-tulisanmu ketika sedang galau, beberapa tahun dari sekarang saat kamu membaca ulang kisah kegalauanmu sendiri dimasa lalu akan membuatmu tertawa (merasa malu sendiri)

Itulah empat tips untuk meredakan kegalauan.

Penting : ketika sedang galau jauhi orang berikut :
-          Mabukers

Mau tau gimana cara mudah bikin puisi atau kenapa kita harus menjauhi Mabukers saat sedang galau? tunggu tulisan selanjutnya  (^_^).”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips anti galau"

Post a Comment