Tips agar lolos mengikuti seleksi PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara)



Tips Agar Lolos Mengikuti Seleksi PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara)

Perlu diketahui Program Pertukaran Pemuda Antar negara ini selain juga menyelenggarakan kegiatan kunjungan dan homestay juga banyak melakukan diskusi-diskusi terkait isu terkini dan juga ekonomi. Untuk itu para peserta tentunya harus memiliki pengetahuan yang luas. Selain kelengkapan syarat administrasi, berikut beberapa poin penting yang harus dimiliki peserta untuk memenangkan persaingan di seleksi pertukaran pemuda.

pertukaran pemuda


 Tingkatkan pemahaman Budaya
Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang unik antara satu dengan yang lainnya. Setidaknya sebagai calon delegasi dari provinsi bersangkutan tentunya harus sudah mengetahui hal-hal seni dan budaya seperti bahasa, tarian dan lagu dari daerah masing-masing. Karena delegasi yang dikirim adalah seseorang yang mewaliki ribuan pemuda ddari tempat terpilih untuk itu pemuda yang bersangkutan haruslah paham akan aspek kebudayaan yang dimiliki daerahnya.

Pahami keunggulan Daerah
Tidak ada salahnya mulai menghafal nama Kabupaten yang ada di Provinsi masing-masing lebih baik lagi kalau bisa menghafal nama Bupatinya. Setiap daerah di provinsi masing-masing tentu memiliki keunggulan ekonomi masing-masing, mulailah memahami keunggulan itu.

 Tingkatkan skill Bahasa Inggris
Pertukaran Pemuda antara negara tentunya kegiatan antara Pemuda yang berbeda-beda negara, bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional sangat diperlukan sebagai penghubung. Setiap Provinsi biasanya akan mengirimkan delegasi yang bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang baik untuk itu mulailah mempersiapkan diri dengan membiasakan diri berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Aware terhadap isu terkini
Setiap provinsi hanya mengirimkan satu delegasinya, tentunya provinsi bersangkutan akan mengirimkan seseorang yang memiliki pengetahuan yang mumpuni. Untuk itu mulai dari sekarang harus lebih aware terhadap isu-isu terkini karena hal tersebut selalu dibahas saat forum diskusi.

Kapan seleksi PPAN diadakan?
Seleksi PPAN diadakan di setiap provinsi, namun tanggal pelaksanaannya disesuaikan dengan keputusan Dispora Provinsi masing-masing. Pada umumnya setiap daerah akan menyelenggarakan seleksi pada bulan Maret ataupun April. Sebagai contoh untuk Kepulauan Riau tahun lalu diadakan pada 4 April, pada tahun 2015 ini bisa lebih cepat atau lambat tergantung kebijakan nantinya. Untuk itu calon peserta seleksi PPAN harus lebih sigap mendengar informasi terkait terutama pada bulan Februari tentunya harus mulai bertanya-tanya pada pihak DIspora ataupun alumni PPAN tahun-tahun sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips agar lolos mengikuti seleksi PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara)"

Post a Comment