Tips Belajar Bahasa Inggris Gratisan


Belajar Bahasa Inggris Melalui Lagu

Berbagai macam metode belajar bahasa Inggris kini ada dimana-mana, tempat kursus bahasa Inggris semakin membludak dan ramai yang bergabung. Para pendaftar di setiap tempat kursus bahasa Inggris mengimpikan satu hal selepas ia selasai mengikuti kursus bahasa Inggris. Bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. Namun sayangnya semua yang namanya kursus berhubungan dengan uang, kalau kita bermodal besar kita bisa masuk kursus yang terkenal dan mahal. Kalau modal kecil kita hanya akan bergabung dengan tempat-tempat kursus bahasa Inggris yang murah meriah. Padahal mau mahal atau murah tempat kursus itu tidak akan berpengaruh pada skill kita bila kita tidak mempunyai niat yang besar untuk memahami bahasa tersebut.

Lalu bagaimana caranya belajar bahasa Inggris yang gratis?






Kini bahasa Inggris telah menjadi suatu bahasa yang sangat penting didunia. Segala sesuatu selalu berhubungan dengan Bahasa Inggris. Kita bisa menemukan segala macam istilah yang berkaitan dengan bahasa Inggris dimana saja. Hampir disemua produk yang kita beli tiap hari ada menyelipkan istilah Inggris pada bungkusnya. Hampir mayoritas bahasa-bahasa yang ada dibangku sekolah ataupun kuliah berkaitan dengan Bahasa Inggris.

Kalau tidak ingin mengatakan bahasa Inggris adalah bahasa wajib. Paling tidak kita bisa mengatakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat penting karena dengan kemampuan berbahasa Inggris bisa memberi kemudahan disemua profesi yang kita tekuni.
Lalu bagaimana caranya belajar bahasa Inggris yang gratis?

Berikut saya akan menjelaskan trik belajar bahasa Inggris melalui lagu. Trik ini pernah saya praktekkan sendiri dan cukup mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

1.     Menghafal beberapa lagu berbahasa Inggris
Langkah pertama ini adalah dengan menghafal beberapa lagu berbahasa Inggris yang kamu gemari. Jangan menghafal hanya di reffnya saja (kebiasaan), tapi mulailah menghafal keseluruhan lagu. Putar MP3 lagu Inggris yang kamu gemari berulang kali lalu mulailah menghafalnya.

Penting : Akan lebih mudah menghafal lagu yang benar-benar kita sukai & lagu tersebut adalah lagu-lagu yang easy listening seperti westlife, Lenka dan Jason Mraz (ni contoh aja ya)

2.     Terjemahkan lagu-lagu Berbahasa Inggris yang kamu sukai
Oke, langkah kedua ini ingat lagi lagu-lagu apa saja yang berbahasa Inggris yang kamu sukai. Kalau sudah ada, cari lirik lagu (di internet) kesukaanmu itu lalu kemudian, mulai lah temukan terjemahan lagu yang kamu gemari tadi dengan kamus. Putar lagu kesukaanmu berulang kali sembari melihat kamus. Terus ulangi sampai kamu benar-benar menghafal lirik lagu kesukaanmu itu, lalu ulangi juga menghafal terjemahannya per-kata.

Penting : Pada awalnya kita akan agak kikuk saat mencoba memahami maksud lagu yang kita terjemahkan tersebut, karena jika mengartikan bahasa Inggris per-kata kita akan menemukan beberapa kejanggalan saat menerjemahkannya menjadi satu kalimat dalam bahasa Indonesia. Untuk itu jangan langsung menyerah, cobalah untuk membedakan bahasa puisi dan bahasa sehari-hari. Jangankan puisi Inggris puisi Indonesia aja kadang kita tidak bisa mengartikannya bukan? Tapi ingat paling tidak, kita sudah menambah beberapa kosakata dalam bahasa Inggris hanya dari lagu dan itu gratis.

BACA JUGA : 5 FAKTA UNIK PROVINSI KEPRI

3.     Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris terbaru

Ketika kamu sudah menghafal beberapa lagu Inggris kesukaanmu lengkap dengan menghafal terjemahannya. Maka kamu siap untuk naik ke langkah selanjutnya. Mulailah mencari-cari lagu Inggris terbaru ataupun lagu-lagu lawas yang memang belum pernah kamu hafal.

Kali ini kamu jangan langsung menghafal dulu tapi, mulailah dengarkan lagu tersebut sambil mengetik/menulis lirik lagunya. Caranya putar lagu Inggris tersebut berulang-ulang sembari menulis liriknya (apa yang disebutin penyanyi)

Hal ini akan menjadi suatu pengalaman yang lucu (menarik) bagimu. Setelah selesai menulis semua lirik lagu itu (versi lirik menurutmu) barulah kamu surfing di internet mencari lirik lagu kesukaanmu. Pada awalnya kamu akan tertawa, melihat banyaknya lirik yang salah kamu tulis.
Setelah menemukan lirik aslinya barulah kamu mulai penyesuaian. Biasanya kata-kata yang salah kamu tulis itu malah akan menjadi kata yang nantinya akan paling kamu ingat diluar kepala. Kadang saat orang menyebutkan kata itu saja, kamu akan tersenyum karena pernah mengalami satu pengalaman menarik saat belajar bahasa Inggris.

Tentunya selain mencari lirik versi aslinya jangan lupa pula untuk menerjemahkan lagu baru tersebut. Kamu akan dapat tiga hal langsung yaitu, hafal lagu baru, mulai meningkatkan skill bahasa Inggrismu ketahap listening dan kosakata bahasa Inggrismu pun bertambah.

Penting : langkah ketiga ini, selain bermaksud menambah kosakata bahasa Inggrismu juga bisa menjadi pelatihan untuk listening supaya telinga kita dapat terbiasa mendengar bahasa Inggris. Ikuti tips ini, lakukan berulang-ulang sampai kamu hanya menemukan 10% saja kesalahanmu dalam mendengar lirik Inggris tersebut.

4.     Dengarkan lagu Inggris yang memiliki tempo yang cepat

Bila kamu sudah mencapai tahap ketiga, biasanya kamu akan semakin ketagihan belajar bahasa Inggris. Karena perlahan-lahan kamu mulai mengerti maksud lagu-lagu yang dulunya pernah kamu terjemahkan tapi belum kamu mengerti maksudnya.

Sekarang kamu sudah bisa lanjut ke tahan ke empat, di tahap ini kalau diibaratkan maen empire kamu sudah mencapai imperial age. Disini kamu semakin gampang mempelajari Tata Bahasa Inggris (grammar), kamu akan belajar dengan sendirinya baik melalui kamus (biasanya ada ditengah kamus) ataupun mencari-cari info terkait grammar bahasa Inggris dimana saja termasuk guru, orang yang mahir bahasa Inggris ataupun lewat internet. Percayalah hal-hal yang sebelumnya sulit kamu fahami akan mudah jika kamu benar-benar mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan tadi dari awal.

Di tahap ini kamu sudah mulai bisa mendengar dengan jelas apa yang diucapkan Meghan Trainor, Fun,Paramore atau bahkan Eminem.

Penting : sampai ditahap keempat ini akan lebih baik jika kamu mulai mencoba memahami Grammar, Grammar bisa dihafal dalam sehari atau dua hari tetapi pemahamannya mungkin bisa sampai seminggu (jika kamu sungguh-sungguh).

5.     Mulai membaca artikel/buku Bahasa Inggris

Apabila keempat tahap diatas sudah mulai kamu fahami, tanpa terasa kamu mulai bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan orang-orang bule ataupun teman-teman yang pintar bahasa Inggris. Walaupun kamu belum begitu mahir berbicara tetapi kamu sudah mulai mengerti kearah mana maksud pembicaraan lawan bicaramu.

Nah, untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan lancar mulailah membaca artikel/buku berbahasa Inggris. Bacakan dengan lisan dan jelas seolah kamu adalah pembawa berita berbahasa Inggris. Jika satu hari kamu bisa membaca setidaknya satu artikel berbahasa Inggris maka seminggu kemudian kamu akan mulai merasakan dampaknya.
Penting : Kalau perlu membacanya didepan kaca, biar lebih terasa sensasi lucunya dan juga bisa menambah kepercayaan dirimu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Belajar Bahasa Inggris Gratisan"

Post a Comment