Informasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN)


Informasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN)

Di tahun 2015 ada banyak Program menarik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia salah satunya PPAN, biasanya para calon delegasi PPAN dari berbagai macam daerah sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi di Provinsinya masing-masing.

Setiap provinsi tentu akan berupaya untuk mengirim delegasi terbaiknya pada setiap pagelaran PPAN, untuk itu bagi para calon peserta PPAN tentunya diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan sebaiknya agar nanti dapat menunjukkan kemampuan yang maksimal saat seleksi.

Berikut sedikit informasi tentang apa itu PPAN dan tips agar dapat terpilih sebagai delegasi dari daerah masing-masing.

kemenpora
Logo Kemenpora

Apa itu PPAN?
Program Pertukaran Pemuda Antanegara atau biasa disingkat PPAN adalah program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Program tahunan ini adalah kesepakatan antara Indonesia dan negara “tujuan” untuk mempererat hubungan bilateral antara Indonesia dan negara bersangkutan.  Adapun bentuk kegiatan PPAN ini biasanya menyangkut pemahaman sosial dan budaya.

Apa saja Program Pertukaran Pemuda?
Setiap tahunnya akan diadakan seleksi disetiap masing-masing provinsi di Indonesia untuk memilih seorang kandidat terbaik yang akan dikirim kenegara-negara yang melakukan kesepakatan PPAN dengan Indonesia diantara adalah.

      Malaysia (IMYEP)
Program ini biasa disingkat IMYEP, Usia maksimal untuk mengikuti Indonesia Malaysia Youth Exchange Program adalah 23-27 tahun. Kegiatan IMYEP ini ini biasanya adalah kunjungan antara pemuda-pemuda delegasi dari Indonesia ke Malaysia diikuti juga dengan kunjungan pemuda-pemuda dari Malaysia yang berkunjung ke Indonesia. Biasanya pihak Kemenpora sudah memilih provinsi mana yang akan dituju setiap tahunnya. Sebagai contohnya pada tahun 2013 lalu, yang menjadi tuan rumah penyelenggara IMYEP adalah Jawa Timur kemudian pada tahun 2014 adalah Bali. Kunjungan ke Malaysia juga biasanya berupa Homestay, pada tahun 2013 misalnya diselenggarakan di Johor sedangkan di tahun 2014 di Negeri Sembilan.


2     Canada (ICYEP)
Indonesia Canada youth exchange Program atau biasa disingkat ICYEP adalah kegiatan pertukaran pemuda antara Indonesia dan Canada. Program ini biasanya adalah kegiatan Voluntary antara pemuda kedua negara dari daerah yang diwakili untuk mengenal aktivitas sosial dan budaya masyarakat kedua negara. Program ini juga menyelenggarakan homestay untuk para delegasi di Canada dan juga di Indonesia. Untuk mengikuti program ini delegasi harus berusia antara 20-24 tahun.

3    Korea (IKYEP)
Indonesia Korea Youth Exchange Program atau biasa disingkat IKYEP adalah kegiatan Pertukaran Pemuda antara Indonesia dan Korea. Delegasi kedua negara akan melaksanakan kegiatan pentas budaya ataupun berkunjung ketempat-tempat yang menarik di Indonesia dan Korea untuk lebih saling memahami karakter kebudayaan kedua negara. Adapun usia peserta kegiatan ini antara 18-24 tahun.

4     Australia (AIYEP)
Austarlia Indonesa Youth Exchange Program atau biasa disingkat AIYEP adalah program pertukaran pemuda antara Indonesia dan Australia. Adapun kegiatannya lebih kurang sama dengan kegiatan-kegiatan pertukaran Pemuda yang disebutkan diatas terutama ICYEP. Usia peserta biasanya ditentukan antara 21-25 tahun.

5     Jepang (SSEAYP)
SSEAYP adalah singkatan dari Ship for South East Asia Youth Program. Kegiatan ini sangat menarik karena pesertanya berasal dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Kegiatan SSEAYP adalah pelayaran menuju negara-negara Asia tenggara untuk kemudian berlabuh di Jepang. Kegiatan program ini lebih banyak diadakan di kapal, disini para peserta akan dapat banyak pengetahuan tentang kelautan, ekonomi, sosial dan budaya. Adapun usia peserta SSEAYP ditentukan antara 20-30 tahun.

6    China (CHIYEP)
CHIYEP adalah singkatan dari China Indonesia Youth Exchange Program. Kegiatan program ini juga hampir mirip dengan kegiatan IKYEP tapi tentunya setiap program tetap memiliki keunikan masing-masing. Usia peserta yang mengikuti program ini antara 18-24 tahun.

Apa itu Homestay?
Yang dimaksud homestay ialah setiap delegasi akan diberikan orang tua angkat di tempat diadakannya program. Dengan ini maka diharapkan delegasi bersangkutan dapat merasakan bagaimana kehidupan sehari-hari keluarga dan masyarakat didaerah yang menyelenggarakan kegiatan. Biasanya kegiatan homestay inilah yang paling dirindukan oleh setiap delegasi setelah pulang kedaerahnya masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Seputar Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN)"

Post a Comment