Siapa Sebenarnya Pencipta Lagu Lancang Kuning?



Siapa Sebenarnya Pencipta Lagu Lancang Kuning?

Lancang Kuning adalah sebuah kapal yang melegenda bagi masyarakat Melayu. Bagi saya kebenaran cerita tentang Lancang Kuning adalah sesuatu yang patut dikaji dengan serius. Sampai saat ini saya masih mempercayai bahwa hal tersebut merupakan kisah yang benar-benar terjadi. Sudah watak orang Melayu, suatu kisah nyata selalu diceritakan seolah ia adalah sebuah dongeng. Begitupun adanya Kisah tentang Lancang Kuning ini.

Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang dimana posisi tenggelamnya Kapal Lancang Kuning. Saya berasumsi bahwa kapal Lancang Kuning tenggelam di perairan antara Pulau Penyengat dan Pulau Bintan, dengan alasan adanya sebuah Kerajaan Bentan yang terletak di bawah Gunung Bintan. Kisah-kisah besar selalu terjadi di Pusat Ibukota Kerajaan Melayu, maka begitu juga kisah Lancang Kuning ini. Namun tentang apakah pada saat kejadian tragedi Lancang Kuning itu masyarakat Melayu sudah masuk Islam atau belum masih perlu dikaji terlebih dahulu. Kalau “Kisah Singapura DilanggarTodak” hampir boleh dibilang saat itu masyarakat Temasek (Singapura) masih belum memeluk Islam. Menurut pengamatan saya, Kisah Lancang Kuning itu lebih tua dari cerita Singapura Dilanggar Todak. Kisah Lancang Kuning terekam dalam Lirik Lagu Lancang Kuning. Sampai sekarang masih belum diketahui jelas siapa yang menciptakan lagu Lancang Kuning tersebut. Namun, lagu Lancang Kuning seolah menjadi kewajiban tersendiri bagi masyarakat Melayu untuk menghafalnya. Entah apa sebab musabab mengapa lagu Lancang Kuning begitu kental dengan masyarakat Melayu. Pertanyaannya... siapa sebenarnya pencipta Lagu Lancang Kuning?

pencipta lagu lancang kuning


Lagu Lancang Kuning banyak dinyanyikan oleh artis-artis Indonesia, Singapura & Malaysia namun pencipta lagu Lancang Kuning masih diidentifikasikan sebagai “No Name” alias pengarang lagu tersebut tidak diketahui siapa orangnya.

Memang kita tidak bisa menyebut nama seseorang penulis lagu Lancang Kuning tersebut. Namun, ketahuilah inilah watak orang Melayu. Watak yang merendah diri yang dikata orang Pemalu. Watak tak mau dibangga-banggakan yang disebut orang penakut. Disini saya kembali ingin membela orang Melayu.

Taukah anda bahwa makam-makam nisan orang Melayu zaman dulu banyak yang tidak bertuliskan nama dan tahun? Apa tujuan mereka berbuat demikian? Tujuannya tak lain dan tak bukan supaya untuk anak cucunya dikemudian hari tetap saling mengingat dan menghargai leluhur mereka. Mengapa demikian? Karena nenek moyang kita berharap ketika kita datang berziarah kemakam leluhur, kita datang untuk menyedekahkan al-fatihah kepada musmilin muslimat mukminin mukminat yang telah lebih dahulu  mendahului mereka. Mereka yang pada suatu waktu dulu saling mengaku saudara satu sama lain. Mereka yang dahulu saling bersilaturahmi dengan begitu erat. Mereka juga berharap sampai ke anak cucu nanti kita tetap saling erat bersaudara satu sama lainnya. Jangan sampai anak cucu mereka dikemudian hari terkotak-kotakkan oleh pemisah yang dibuat-buat.

Kembali lagi ke topik “siapa sebenarnya pencipta lagu Lancang Kuning?”. Jawabannya, “orang Melayu”, nenek moyang kita bersama. Orang Melayu yang bijak bicara, orang Melayu yang seloka. Orang Melayu yang siap sedia berjihad di jalan Allah. Orang Melayu yang siap sedia berkalang tanah demi tegaknya budaya Melayu. Pesan tersembunyi dari kenapa beliau tidak mau menuliskan nama beliau sebagai penulis Lagu Lancang Kuning, untuk menjadi perenungan bagi kita. Supaya tidak menyombongkan diri didunia yang fana ini.

Nenek moyang kita tak seperti Bethoveen ataupun Johan Pachelbel, yang segak berjalan diatas pentas memakai jas. Nenek Moyang kita adalah orang yang berprinsip ilmu padi. Semakin berisi semakin merunduk.

Biarlah, biarlah siapa pencipta lagu Lancang Kuning masih tetap menjadi misteri. Semoga nenek moyang kita hidup tenang dialam nun “disana”. Semoga suatu hari nanti kita bertemu dengan mereka, dialam kedua. Ya dialam kedua, semua rahasia dan misteri akan terbongkar semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siapa Sebenarnya Pencipta Lagu Lancang Kuning?"

Post a Comment