Nama Kerajaan Yang Ada Di Kepulauan Riau



Nama Kerajaan Yang Ada Di Kepulauan Riau

Kepulauan Riau adalah sebuah provinsi yang memiliki perjalanan sejarah yang panjang. Terbukti dengan ditemukannya berbagai macam situs-situs yang mendukung keberadaan akan adanya kehidupan di Kepulauan Riau.
Berikut ini adalah beberapa nama yang tercatat dalam sejarah, Kerajaan yang berada di Negeri Segantang Lada, Kepulauan Riau.

Kerajaan Bentan
Ada beberapa catatan sejarah yang menyatakan bahwa keberadaan Kerajaan Bentan ini terletak di Pulau Bintan yang ada sekarang. Alkisah nama Bentan inilah yang memang kemudian lebih nyaman disebut Bintan.
Kerajaan Bintan ini mulai terbentuk saat sisa-sisa penguasa Kerajaan Palembang memutuskan untuk membangun sebuah kerajaan baru diluar Palembang. Karena Palembang pada saat itu sudah berhasil dipengaruhi Kerajaan dari Jawa. Konon katanya Raja Prameswara, datang ke Pulau Bintan untuk mendirikan kerajaan Melayu penerus kejayaan Sriwijaya yang ada sebelumnya.
Tentang tahun berapa Kerajaan Bentan mulia berdiri masih belum bisa kita pastikan dengan tepat. Karena sekarang sedang ada pengkajian ulang (revisi) penentuan tarikh masa sejarah oleh sejarawan.
Saya sendiri lebih dominan setuju jika Kerajaan Bentan berdiri di kisaran tahun 1.300M hingga 1.400M. Kerajaan Bentan ini merupakan pendasi awal dari Kerajaan Melayu yang berusaha bangkit kembali seperti era kegemilangan Melayu & Sriwijaya.


Kerajaan Johor
Kerajaan Johor merupakan sebuah Kerajaan yang didirikan selepas era kejatuhan Melaka akibat serangan Portugis. Ibukota kerajaan Johor pada saat itu berpindah-pindah dari Semenanjung ke Riau. Adapun tempat ibukota Kerajaan Johor juga terletak di Pulau Bintan bagian Utara.
Pada saat itu belum dikenal istilah Indonesia ataupun Malaysia seperti saat ini. Masyarakat Melayu saat itu bahkan tidak terlalu mempedulikan letak geografis suatu kawasan. Mereka sudah termarjinalkan dengan semangat “Melayu”, dimanapun tanah Melayu ia ialah kampung kita juga. Begitu jugalah yang terjadi selepas era kejatuhan Melaka, walaupun secara penyebutan dikenalah nama yang menyebut “Kerajaan Melaka” ataupun “Kerajaan Johor” namun sebenarnya yang menjadi dasarnya ialah “Kerajaan Melayu”.

Kerajaan Johor-Riau
Kerajaan Johor-Riau juga merupakan kerajaan yang sama seperti kerajaan Johor. Boleh dikatakan penerus kerajaan Melaka dan Johor. Kerajaan Johor-Riau ini disebut demikian karena ibukota Kerajaan Johor-Riau itu berada di Kota Tinggi (Johor) dan juga Hulu Riau (kini Sungai Carang Bintan). Ibukota kerajaan Johor-Riau yang juga berpindah-pindah ini ialah Kota Tinggi- Pulau Penyengat- Hulu Riau (Istana Rebah/Sungai Carang) dan Daik.

Kerajaan Riau-Lingga
Sebenarnya kerajaan Riau-Lingga ini merupakan kerajaan yang sama dengan Johor-Riau namun karena konflik didalam istana antara sesama kerabat Sultan dan pembagian kekuasaan antara Inggris dan Belanda maka berdirilah kerajaan Riau-Lingga dan juga kerajaan Johor.
Kerajaan Riau-Lingga berpusat di Pulau Penyengat dan Daik. Istilah Riau-Lingga ini baru benar-benar dikenal sekarang karena adanya ambigu istilah. Padahal pada masa lalu Kerajaan Riau-Lingga ini hanya disebut dengan istilah “Kerajaan Riau”. Nama Lingga yang merupakan Pulau tempat terletaknya Daik disebut beriringan menjadi “Riau-Lingga” dengan harapan adanya pemahaman yang jelas. Karena kalau kita mengatakan “Kerajaan Riau” maka akan mengarah kepada provinsi yang berada di Sumatera Timur yang beribukota Pekanbaru. Padahal di Sumatera Timur yang beribukota Pekanbaru itu tidak pernah ada Kerajaan Riau. Disana memang ada Kerajaan Siak namun Kerajaan Siak tidak pernah disebut dengan istilah Siak-Riau. Ini bukti bahwa nama Riau itu sebenarnya di Kepulauan Riau. Kalau kita ke Sumatera kita tidak akan pernah menemukan Kerajaan Riau tetapi hanya menemukan Provinsi Riau. Sedangkan Kerajaan Riau itu sebenarnya berada di Kepulauan Riau ini.
Untuk itulah dewasa ini penggunaan istilah Riau-Lingga seolah sudah menjadi kata baku. Padahal cukup dengan Riau saja, orang-orang yang mengerti sejarah akan membayangkan Daik dan Pulau Penyengat.

Itulah nama-nama Kerajaan yang berada di Bumi Segantang Lada, Kepulauan Riau tercinta ini. Semoga siapapun yang sedang mendalami Kerajaan Melayu mendapat pemahaman yang lebih.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Kerajaan Yang Ada Di Kepulauan Riau "

Post a Comment