Mempelajari Asal Muasal Nama Dabo Singkep



Sewaktu saya kecil saya selalu mendengar cerita tentang asal muasal nama Dabo Singkep yang berasal dari dua orang yaitu yang seorang Bugis bernama La Abok dan seorang lagi Cina bernama Sengkek. Menurut cerita turun temurun di masyarakat Dabo yang terkadang ada terdiri dari berbagai macam versi pula. Yang jelas garis besarnya tak jauh dari yang pertama disampaikan. Nama pulau ini berasal dari nama orang. Hanya saja belum dapat dipastikan apakan kedua orang tersebut adalah orang yang pertama datang di Pulau itu ataupun orang yang berpengaruh disana pada suatu masa dahulu.
dabo singkep tempo doeloe

Dabo Singkep sebenarnya adalah nama sebuah kawasan (Kota) yang ada di Pulau Singkep. Di Pulau Singkep terdapat banyak kampung yang pusat transaksi perekonomiannya berada di Dabo. Masyarakat umumnya menyebut dabo dengan sebukan “Dabok”, namun jika masyarakat Dabo berada dirantauan ataupun di dalam penulisan lebih biasa menyebutnya dengan “Dabo Singkep”.

Hingga kini masih terdapat makam yang dikeramatkan oleh masyarakat Dabo Singkep, yaitu “keramat Pak Abok” yang dipercayai sebagai makam dari “La Abok”. Sejarah tentang Dabo ataupun Pulau Singkep secara keseluruhannnya memang agak sukar ditemukan. Karena data sejarah yang ada hanya menceritakan keberadaan Lingga yang pernah menjadi kawasan penting bagi kerajaan Melayu.

Nama Dabo Singkep baru disebut-sebut ketika disana ditemukan timah, lalu timah inilah yang menjadi sengketa antara Kerajaan Riau-Lingga dan Belanda. Kalau dilogikakan penamaan Singkep yang berasal dari seorang Cina yang bernama “Sengkek” mungkin agak bisa diterima. Karena dimana-mana watak orang Melayu ialah tipe orang yang tidak mau bekerjasama dengan penjajah, itulah yang membuat Belanda terpaksa bekerja sama dengan orang-orang Cina untuk menggali timah di Pulau selatan Lingga itu. Diantara orang Cina ini ada yang bernama Sengkek, agaknya Sengkek ini adalah orang yang berpengaruh pada masa itu.

Sedangkan jika menganalisa nama Dabo yang berasal dari seseorang yang bernama “La Abok”. Ini juga bisa diterima logika karena sejak terjadi “sumpah setia Melayu-Bugis” masyarakat Bugis memang telah berasimilasi dengan masyarakat Melayu sejak lama. Mungkin saja mereka beliau adalah orang kepercayaan Sultan untuk menyaingi pengaruh Belanda di Pulau Singkep.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempelajari Asal Muasal Nama Dabo Singkep"

Post a Comment