Kampung Bagi Pendatang Di Tanah Melayu



Seperti umumnya tanah Melayu yang selalu menjadi titik pertemuan bagi berbagai macam suku bangsa, Kepulauan Riau juga demikian. Umumnya di Kepulauan Riau terdapat beberapa kampung-kampung tertentu yang diberi nama sesuai dengan suku-bangsa yang mendiami kawasan tersebut. Seperti contohnya berikut ini adalah 4 Kampung di tanah Melayu ataupun di Kepulauan Riau, yang mencerminkan heterogenitas tanah Melayu yang menghargai kebersamaan semenjak dulu kala hingga ke hari ini: 
 

Kampung Bugis


Sebagaimana namanya, Kampung Bugis yang berada dikawasan tanah Melayu umumnya diperuntukkan bagi para masyarakat Bugis yang bermukim di tanah Melayu. Pada nyatanya masyarakat Bugis telah terbukti paling mudah berasimilasi dengan masyarakat Melayu bahkan terkadang di Kampung Bugis sendiri sangat susah untuk ditemui masyarakat yang berbicara menggunakan Bahasa Bugis, karena umumnya mereka sudah terbiasa menggunakan dialek bahasa Melayu.

Pada masa dahulu kampung Bugis memang diperuntukkan bagi masyarakat Bugis yang mendiami tanah Melayu, namun hari ini seperti contohnya Kampung Bugis yang ada di Kota Tanjungpinang masyarakat disana sudah menyatu secara bahasa, adat dan budaya dengan masyarakat Melayu, jadi gelaran hampir tidak ada kesan “pendatang” bagi masyarakat Bugis yang mendiami kawasan Tanah Melayu.


Kampung Boyan


Kampung Boyan umumnya diperuntukkan bagi masyarakat Jawa yang berasal dari Pulau Bawean (Jawa Timur), gelaran “Orang Boyan” dalam bahasa di Tanah Melayu umumnya merujuk kepada masyarakat yang datang dari Pulau Bawean ratusan/puluhan tahun yang lalu dan kini masyarakat Bawean tersebut sudah dianggap sebagai penduduk asli Kepulauan Riau walaupun mereka dahulunya berasal dari salah satu kawasan di Pulau Jawa. Sebagaimana masyarakat Bugis yang sudah berasimilasi dengan masyarakat Melayu, Orang Boyan juga telah terbukti sangat menghargai adat resam Budaya Melayu bahkan dalam beberapa hal mereka lebih faham tentang seluk beluk budaya Melayu daripada Budaya asal mereka.

Asimilasi yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu ini, membentuk karakter Melayu-Jawa bagi Orang Boyan.

 langit kepulauan riau

Kampung Cina


Kampung Cina merupakan sebuah kawasan untuk masyarakat Cina yang bermukim di Tanah Melayu, umumnya masyarakat Cina ini membangun tempat-tempat perbelanjaan dan membangun perdagangan. Masyarakat Cina yang datang secara berkala sejak ratusan tahun silam di Tanah Melayu umumnya diterima sebagai “Orang Sekampung” bagi masyarakat Melayu. Bedanya dengan “Kampung Bugis” dan “Kampung Boyan”. Sampai sekarang di “Kampung Cina” masih terdengar dialek bahasa Cina disetiap sudutnya, namun begitu kesehariannya dalam perdagangan dengan penduduk pribumi masyarakat Cina ini mahir juga menggunakan bahasa Melayu.

Kampung Jawa


Kampung Jawa adalah kawasan bagi para penduduk Jawa yang bermukim di Tanah Melayu, umumnya mereka berasal dari Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Mereka masih lagi mempertahankan adat istiadat Jawa di Tanah Melayu dan berasimilasi dengan masyarakat Melayu dengan baik.

Sekarang, beberapa kawasan transmigrasi yang ada di Kepulauan Riau juga disebut dengan nama Kampung Jawa oleh penduduk Kepulauan Riau. Sedangkan kampung Jawa yang telah terbentuk ratusan tahun yang lalu umumnya sudah berbaur dengan baik bahkan mereka sudah tidak mempunyai dialek bahasa Jawa sama sekali, berbeda dengan generasi yang datang selepas era 90an.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampung Bagi Pendatang Di Tanah Melayu"

Post a Comment