Nan Madol Situs Sejarah Penuh Misteri

Nan Madol Situs Sejarah Penuh Misteri

Postingan kali ini berkaitan dengan sebuah situs sejarah yang baru saja saya ketahui infonya beberapa menit lalu. Seumur hidup baru kali ini saya mendengar istilah “Nan Madol”,  sebuah nama yang membawa imajinasi saya jauh kederetan tarikh sejarah yang penuh misteri.

Nan Madol adalah sebuah situs arkeologi yang terletak di Pulau Pohnpei, negara Federasi Mikronesia. Pulau Pohnpei sendiri merupakan sebuah pulau yang menjadi pusat pemerintahan Negara Federasi Mikronesia, tepatnya di Kota Falikir.

Pulau Pohnpei kini setidaknya dihuni 34 Ribu penduduk dengan luas wilayah 334Km2 atau kalau dibandingkan dengan Pulau Singkep di Kepulauan Riau tidak mencapai setengahnya (pulau Singkep sekitar 772Km2 ).

Sekilas Tentang Federasi Mikronesia


Negara Federasi Mikronesia merupakan kumpulan pulau pulau kecil dikawasan laut sebelah Barat Pasifik. Perkiraan penduduk Federasi Mikronesia sekitar 110.000 jiwa. Berdiri pada 3 November 1986 selepas melakukan perjanjian Compact of Free Association dengan Amerika Serikat. Federasi Mikronesia setidaknya terdiri dari 607 Pulau yang beribukota di Pulau Pohnpei.

letak negara federasi mikronesia

Official Language Federasi Mikronesia adalah bahasa Inggris. Negara ini silih berganti dikuasai oleh Spanyol, Jerman serta Amerika Serikat.

Kalau melihat dari ciri-ciri fisik, penduduk Federasi Mikronesia ini lebih akrab dengan wajah-wajah Papua. Posisi Federasi Mikronesia yang seolah menjadi penyambung antara Jepang, Papua, Taiwan serta Filipina ini sepertinya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mempelajari penyebaran penduduk dunia pada masa lampau, terutama terkait dengan suku asli Jepang yang kini hampir punah yaitu Suku Inui. Jadi untuk sementara ketepikan dulu pandangan bahwa penduduk Federasi Mikronesia identik dengan Melayu, walaupun sebenarnya awalnya harapan saya begitu... hehe

Ajaibnya Nan Madol
Kini kita kembali ke pembahasan tentang situs arkeologi Nan Madol yang senyap terdiam di lautan Pasifik sana. Seperti sekilas sudah saya jelaskan tentang Federasi Mikronesia yang kini setidaknya memiliki populasi 110 ribu jiwa. Nan Madol pada masa jayanya diperkirakan ditempati setidaknya 25.000 jiwa dan itu terjadi sudah 400 tahun yang lalu.

Berdasarkan uji karbon didapati bahwa Nan Madol mulai dikonstruksi pada 1180 Masehi. Sedangkan Pulau Pohnpei sendiri diperkiran mulai ditempati pada abad Satu Masehi.
nan madol

David Hacther mengaitkan keberadaan Situs Nan Madol sebagai salah satu rentetan kisah dari Benua yang hilang yaitu Benua Lemuria.

Pembuatan Nan Madol masih menjadi penelitian serius para ahli. Susunan batu-batu dengan berat hitungan Ton itu masih menjadi misteri bagaimanana bisa disusun teratur dan terstruktur, padahal ketika ditemukan bangsa Spanyol penduduk di Pulau Pohnpei masih dalam keadaan primitive.

Menurut legenda penduduk setempat Nan Madol didirikan oleh kakak beradik kembar  Olihsipa dan Olohsopa, yang tiba di Pulau tersebut dengan Kanoe Besar. Tujuan mereka mendirikan Nan Madol adalah untuk sebagai pemujaan kepada Dewa (altar).  Kedua kakak beradik tersebut membuat Nan Madol dengan bantuan seekor Naga. Dan pada saat Nan Madol telah berdiri, Olosohpa kemudian menikahi gadis tempatan dan menjadi penguasa serta pendiri Kerajaan Saudeleur yang berkuasa hingga tahun 1628 Masehi.

Apa yang spesial dari situs Nan Madol???

Sebenarnya seperti pada umumnya situs situs megalitikum, kesemuanya memiliki misteri tersendiri terutama proses pembuatannya. Yang membuat spesial Nan Madol adalah letaknya yang jauh terisolasi di tengah lautan luas. Darimana sebenarnya informasi tentang cara pembuatan bangunan tersebut?


Mikronesia pada masa kini bukanlah kawasan yang dikenal dunia. Mungkinkah pada masa dahulu sebenarnya kawasan Nan Madol itu merupakan pusat perdagangan lintas peradaban besar seperti Jepang, Cina, Taiwan, Vietnam, Filipina dan Papua?


Bagi saya, keberadaan Nan Madol sendiri merupakan misteri berantai yang menambah deretan missing link dalam sejarah. Namun bukan tidak mungkin justru Nan Madol adalah salah satu kunci rahasia untuk membuka tabir rahasia sejarah umat manusia di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nan Madol Situs Sejarah Penuh Misteri"

Post a Comment