5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah

5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah

Perang boleh dibilang tidak bisa dielak dari perjalanan sejarah umat manusia. Hampir disetiap waktu selalu ada saja pertempuran yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Tak peduli apakah sebuah negara lemah ataupun kuat. Bayang-bayang peperangan tetap bisa datang kapan saja. Karena kalaupun suatu negara tidak sedang dalam konflik namun memiliki sumberdaya yang besar namun secara militer relatif lemah maka negara-negara kuat lain akan berusaha merebut negara tersebut dengan berbagai cara dan yang paling ekstrem adalah melalui invasi.

Negara-negara di Asia Tenggara faham betul bagaimana dilema hidup dikawasan yang subur dan makmur. Hampir seluruh kawasan Asia Tenggara silih berganti diperebutkan kekuatan besar dari Eropa yang tergiur akan kekayaan alam negara-negara Asia Tenggara ini. Namun untunglah perjuangan para pahlawan tidak sia-sia sehingga para penjajah itu dapat terusir dari negara masing-masing.

Berikut ini saya akan membahas tentang 5 perang terbesar sepanjang sejarah umat manusia :



     5.     Perang Napoleon
Perang Napoleon atau Napoleonic War. Merupakan sebuah perang yang berpusat di Prancis. Diawali dengan Revolusi Prancis yang mengorbankan banyak nyawa demi merubuhkan sistem pemerintahan terdahulu pada fase selanjutnya justru membuat Prancis menjadi negara yang tangguh dalam kurun waktu sekejap dan Prancis menginvasi beberapa negara di sekitar kawasan Eropa. Kebangkitan tiba-tiba Prancis ini dimobilisasi oleh semangat Revolusi dan keyakinan akan glory.

perang napoleon

Napoleon Bonaparte sebagai sosok paling vital dalam Perang Napoleon ini pada awal perang cukup berhasil dalam setiap aksinya. Namun naas pada akhir perang, Inggris dan Rusia berhasil menghancurkan cita-cita Prancis untuk berkuasa lebih lama di Dunia.

Perang Napoleon setidaknya telah merenggut nyawa 6,5 juta korban jiwa. Sebuah angka yang fantastis dalam waktu yang singkat.
     
     4.     Perang Para Raja Di Cina
Perang perebutan kekuasaan antara dua Dinasti berkuasa di negeri Cina bukanlah sebuah fantasy yang hanya ada di Film-Film Kungfu. Namun perang para raja di negeri Cina memang benar-benar terjadi. Salah satu dari berbagai seri perang yang terjadi di Cina adalah Pertempuran selama 60 tahun antara Dinasti Qing dan Dinasti Ming yang dimenangkan oleh Dinasti Qing.

Naasnya dalam pertempuran yang melibatkan seluruh pendukung masing-masing dinasti itu akhirnya harus mengorbankan setidaknya 25 juta Jiwa.
     
     3.     Perang Dunia Pertama
Perang Dunia pertama menjadi memory getir ketika teknologi semakin canggih. Jumlah korban jiwa akibat perang bertambah dengan kurun waktu sangat singkat. Perang yang akhirnya dimenangkan oleh Kubu Blok Barat ini, memakan Korban Jiwa setidaknya 17 juta jiwa dalam waktu kurang dari 5 tahun. Miris.
      
     2.     Serbuan Bangsa Mongol
Bangsa Mongol terkenal sebagai bangsa penakluk yang berasal dari dataran Asia Tengah. Pasukan berkuda bangsa mongol yang mahir memanah sembari menunggang kuda itu menjadi laskar konvensional paling mengerikan dalam sejarah umat manusia. Berbagai negara besar baik itu di daratan Asia, Eropa dan Afrika takluk atas serbuan bangsa Mongol.

Sepanjang proses penyerbuan ke berbagai Kerajaan besar yang di invasinya, mongol diperkirakan telah merenggut nyawa sekurang-kurangnya 60 juta jiwa. Bahkan tak luput dari catatan sejarah adalah tragedi bunuh diri masal masyarakat Cina sebanyak satu juta orang yang lebih memilih untuk bunuh diri daripada dibunuh atau dijadikan budak oleh bangsa Mongol.

     1.     Perang Dunia Kedua
Pada peringkat Pertama..... apa lagi kalau bukan perang paling brutal sepanjang sejarah umat manusia? Dan merupakan seri pertempuran perang besar terakhir yang terjadi di Dunia. Pada umumnya Perang dunia kedua merupakan perebutan pengaruh dan kawasan oleh Negara-Negara blok barat dan blok timur. Namun secara lebih terperinci perang ini sangat rumit. Karena pada dasarnya negara yang satu blok sekalipun sebenarnya saling berkompetisi untuk menjadi pemenang.

Perang yang mulai berlangsung pada tahun 1939 Masehi hingga 1945 Masehi ini merenggut korban jiwa sebanyak 70 juta jiwa dalam kurun waktu tidak sampai 6 tahun. Bahkan negara-negara di Asia Tenggara tidak luput menyaksikan langsung pertempuran antara blok barat dan blok timur ini dihalaman rumah masing-masing. Awalnya kita hanya menyaksikan aksi perang antara Jepang menghadapi Inggris/Belanda dan sekutunya, namun akhirnya karena kondisi politik dan semangat kemerdekaan, kita pun ikut dalam pertempuran tersebut. Dengan tujuan mencapai kemerdekaan masing-masing.

Nah demikianlah rangkuman 5 perang terbesar sepanjang sejarah. Hal yang kita khawatirkan bersama adalah terjadinya Perang Dunia Ketiga, yang tentunya akan merenggut lebih banyak lagi korban jiwa.

Meski begitu perang bukan hanya berbicara tentang korban jiwa, namun juga korban fisik dan psikologis yang juga berdampak buruk bagi para korban perang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah"

Post a Comment