Lucid Dream Fenomena Sadar Di Dalam Mimpi

Lucid Dream Fenomena Sadar Di Dalam Mimpi

Pernahkah sobat mengalami suatu mimpi tapi sobat sadar kalau itu hanya mimpi. Tak peduli apakah itu mimpi yang menyenangkan atau mimpi buruk. Kalau mimpi menyenangkan tentunya sobat berharap tidak segera bangun dari dalam mimpi, walaupun sulit sekali mengendalikan mimpi. Sedangkan saat sedang mimpi buruk tentu sobat ingin rasanya cepat-cepat bangun dari tidur.

Dalam pandangan tradisional masyarakat Melayu lucid dream dalam keadaan mimpi buruk disebut “ditindih” (ditindeh) . hal ini berkaitan dengan fenomena ghaib atau supranatural. Sebagian masyarakat mempercayai hal ini terjadi karena ada sosok makhluk ghaib yang negative sedang menindih badan seseorang yang sedang tidur.

mimpi dalam mimpi
sumber gambar slism.com

Pada dasarnya ditindeh atau lucid dream masuk dalam ranah fenomena psikologi. Istilah lucid dream sendiri mulai dipopulerkan oleh Frederick Van Eeden seorang Psikiater kebangsaan Belanda pada tahun 1913 dalam artikelnya Study of Dream.

Sejak tahun 1968 penelitian modern telah melakukan riset terkait lucid dream dan didapati bahwa perkiraan seseorang berada dalam lucid dream hanyalah 10 detik sebelum kemudian terbangun dari tidur.


Seseorang yang mengalami lucid dream bisa dideteksi dari mata, dimana seorang yang mengalami lucid dream pada umumnya mengalami REM atau rapid eye movement. Secara otomatis otak akan merespon dan mengingatkan seseorang yang sedang tidur bahwa ia mengalami fenomena luciddream atau mimpi didalam mimpi.

Sebagian ilmuwan lain ternyata memiliki pendapat skeptis terkait lucid dream mereka menganggap lucid dream bukanlah sebuah fenomena yang luar biasa dan menganggap bahwa lucid dream hanyalah imajinasi seseorang yang sedang tidur. Artinya orang yang mengalami lucid dream tidak mungkin mengalami dalam keadaan sedang tidur nyenyak.

Saya sendiri sering mengalami lucid dream ini, terkadang bisa mengontrol mimpi namun tak sampai ending seperti yang diharapkan karena keburu tidur ada juga terkadang hanya mengikuti alur kemana mimpi tersebut walau sadar sedang bermimpi. Jadi saya kurang setuju dengan mereka yang skeptis tersebut.


Bagaimanapun menurut saya, mimpi adalah sebuah hal ghaib  dan masih sulit benar-benar dijabarkan. Sajian kisah dalam mimpi kita tak bisa benar-benar diskenario. Karena kalau bisa tentulah kita ingin selalu bermimpi indah. Mimpi saat tidur bisa datang disaat saat bahkan kita tidak berharap ada mimpi dan bahkan kita lupa bahwa tidur akan menyebabkan mimpi. Hal itu masih sangat rumit untuk dijabarkan. Dan saya sadar tau bahwa didalam mimpi tersebut saya tidak berimajinasi seperti saat bangun, namun sebuah imajinasi alternatif yang kadang didunia nyata tidak berani saya imajinasikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lucid Dream Fenomena Sadar Di Dalam Mimpi"

Post a Comment