5 Makanan Khas Favorit Orang Kepri

5 Makanan Khas Favorit Orang Kepri

Setiap daerah tentulah menyimpan kekayaan kuliner tersendiri, begitu juga dengan kampung halaman kita tercinta. Makanan ala Kepulauan Riau yang khas Melayu membuat kita selalu rindu kalau sedang berada diluar kawasn tanah Melayu.

Berikut ini saya bagikan 5 makanan khas terfavorit orang Kepulauan Riau. Yang jaoh dirantau Jangan kepunan pulak wai.....

     
prata
Prata : sumber Gambar dari www.misstamchiak.com


      1.     Nasi Lemak
Makanan satu ini mungkin memang tak seberapa dirindukan kalau sedang berada di rantauan. Karena misalnya didaerah lain “nasi lemak” juga banyak dijual di kedai makan hanya saja penyebutannya berbeda yaitu “nasi uduk”. Ramailah orang kita termasuk saya sendiri kadang kalau lagi di Jakarta pas mau pesan Nasi Uduk tesebot pulak Nasi Lemak.

Khas Nasi Lemak ala Kepri mungkin pada aroma dan lauk khas Kepri yang selalunya ada ikan bilis dan tamban.

      2.     Sate Kacang
Kalau kita pergi ke Singapore atau Malaysia mungkin rasa rindu pada sate kacang tidak seberapa. Karena disanapun ada jual sate kacang yang persis macam sate kacang di sini. Tetapi kalau kita sedang berada di Pekanbaru atau Jakarta misalnya.  Lumayan tekece juge tekak nak makan sate kacang . karena dikawasan lain biasanya lebih populer dengan Sate Madura dan Sate Padang.

Kekhasan sate kacang ala Kepri adalah sebelum dibakar biasanya sate tersebut sudah terlebih dahulu di kukus dan kuah kacang ala kepri walaupun relatif mirip dengan sate madura tapi cita rasanya tetaplah lain. Susah juge saye nak jelaskan ni... panjang pulak cerite jadinye...

      3.     Sotong Masak Itam
Beuuuuh... kalau yang satu ini memang power. Sotong masak itam (hitam) biasanya disajikan sebagai lauk bagi orang Kepri. Lauk satu ini cukup membuat kepunan kalau sedang berada diluar Kepulauan Riau. Karena sangat sulit untuk menemukan kedai makan diluar yang menjual sotong masak itam.


      4.     Prata
Kalau makanan satu ini memang merupakan makanan yang konon diadopsi dari India atau Arab. Tetapi Prata sudah menjadi makanan wajib hampir disemua tanah Melayu. Begitu juga di Kepulauan Riau.

Sarapan pagi ada prata, makan siang ada prata bahkan ngopi pas petang dan malam pun selalu ada yang jual prata. Proses pembuatan prata juga sepertinya membuat konsumer terhipnotis untuk membelinya.

Prata dan Teh Tarek.... kalau tengah makan tu... mertue lalu pon tak sada

       5.     Gonggong
Last but not least....  siput legendaris yang selalu kita bangga-banggakan kalau ada orang luar yang baru datang ke Kepri... “dah makan gonggong belom?” setidaknya itu yang selalu kita ucapkan kalau ada kerabat dari luar Kepri singgah di kampung kita.

Padahal Gonggong bagi kita sendiri bukan sesuatu yang terlalu membuat tekak kepunan. Agaknye kite juge sudah jemu makan gonggong... (^_^) tapi hidangan gonggong memang selalu menarik perhatian para turis yang datang ke kampung kita.

Ingat kalau makan gonggong jangan terlalu banyak... nanti tensi pulak....


Kalau saya sendiri pas lagi diluar Kepri.. tak pernah pulak tekak teringin nak makan gonggong... karena mungkin gonggong bukan lagi yang terlalu spesial bagi orang tempatan.... tapi memang sudah mendarah daging bagi orang kita. Gonggong tu sedap, nah tawarkan ke orang luar makan gonggong juge... biar die kepunan kalau balek kampong.. haha....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Khas Favorit Orang Kepri"

Post a Comment