False Awakening Fenomena Unik Mimpi

False Awakening Fenomena Unik Mimpi

Kekawan pernah merasa mimpi didalam mimpi? Misalnya kita tidur kemudian di dalam tidur kita merasa sudah bangun dan melakukan aktivitas seperti saat bangun namun ternyata itu masih didalam mimpi. Nah.. mimpi didalam mimpi ini disebut dengan istilah false awakening.

Biasanya false awakening yang menyakitkan itu ketika kita mimpi buruk... merasa sudah bangun tidur dan lega dari mimpi buruk eh taunya masih didalam mimpi...  ini yang selalu ada dalam film fom horor, itu sangat melelahkan sekali he... kalau mimpi yang kita alami masih aman aman saja ya.. syukur.

Pada saat mimpi kedua didalam mimpi itu biasanya kita sudah masuk dalam tahapan lucid dream atau kondisi dimana kita sudah menyadari hal itu mimpi. False awakening pada beberapa orang termasuk saya bisa terjadi sampai maksimal 4 kali, dan saat bangun tidur berasa seperti marathon keliling lapangan bola 10 kali... huh....
Menurut para ahli ada setidaknya 2 tipe false awakening

fenomena unik mimpi
gambar dari kea0.com

Tipe False Awakening Pertama yaitu kondisi dimana seseorang merasa terbangun dari tidurnya dan situasi tempat ia tidur persis sama seperti dimana ia tidur dan menjalani rutinitas selayaknya ia jalani, namun kemudian didalam tidur itu mengalami hal-hal yang dikhawatirkan saat ia sadar seperti “ketinggalan jadwal penerbangan atau terlambat datang kesekolah”, biasanya berakhir dengan terbangun dari tidur dan bersyukur bahwa itu hanya mimpi.

Tipe false awakening kedua adalah kondisi dimana seorang yang sedang bermimpi bangun dari tidurnya di kondisi yang sama sekali tidak ia kenali. Dan saat itu biasanya ia sudah sadar bahwa ia sedang bermimpi atau lucid dream. Ia akan berusaha untuk bangun dari tidurnya. Dan kondisi ini bisa disebabkan oleh halusinasi yang berlebihan.

Jika kondisi false awakening sampai berakibat berkurangnya mutu tidur yang tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karenya kurang tidur. Maka dianjurkan penderita sindrom false awakening akut untuk mengurangi konsumsi caffeinde dan alcohol. Karena bisa jadi kedua hal itu yang menimbulkan kecemasan tersendiri secara psikologis alam bawah sadar.

Sedangkan untuk mencegah gangguang false awakening bagi mereka yang tidak mengkonsumsi caffeine dan alkohol tentu saja dengan rileksasi fikiran yang bisa didapatkan dari memperdalam spiritual. Hal ini bisa membuat kita lebih tersugesti untuk tidur dan dapat tidur sewajarnya.

Demikian penjelasan singkat saya terkait false awakening semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "False Awakening Fenomena Unik Mimpi"

Post a Comment