Sumpah Setia Melayu Bugis

Sumpah Setia Melayu Bugis


جكالاو توان كڤد بوڬيس
توانله كڤد ملايو
دان جكالاو توان كڤد ملايو
توانله كڤد بوڬيس

دان جكالاو موسوه كڤد بوڬيس
موسوهله كڤد ملايو
دان جكالاو موسوه كڤد ملايو
موسوهله كڤد بوڬيس

مك بارڠسياڤا موڠكير
دبينساكن الله سمڤأي انق چوچوڽ


...jikalau tuan kepada Bugis,
tuanlah kepada Melayu
dan jikalau tuan kepada Melayu
tuanlah kepada Bugis

dan jikalau musuh kepada Bugis
musuhlah kepada Melayu
dan jikalau musuh kepada Melayu
musuhlah kepada Bugis

maka barangsiapa mungkir
dibinasakan Allah sampai anak cucunya...


Inilah salah satu sumpah setia Melayu-Bugis semenjak berhasilnya para kesatria Bugis membantu Kerajaan Johor-Riau dari pertempuran dengan pihak Siak. Dalam pertempuran antara Johor/Riau dan Siak itu kedua pihak berseteru dibantu oleh kuasa lainnya yaitu Bugis dan Minangkabau. Disatu sisi pihak Johor-Riau dibantu oleh Bugis dan disisi lainnya pihak Siak dibantu oleh Minangkabau. Dalam pertempuran ini pihak Belanda yang pada waktu itu masih berusaha untuk menanamkan pengaruh di kawasan Selat Melaka hanya duduk manis untuk menyaksikan drama perang saudara itu.

Dikarenakan pihak Johor-Riau berhasil memenangi perang. Dan klaim tahta Kesultanan oleh Raja Kecik dibantah oleh Pihak Johor-Riau, dipenghujung perang akhirnya pihak Siak berundur kembali ke Siak.

Peran Bugis dalam perang saudara ini membuat Bugis memiliki hak istimewa dalam sistem pemerintahan Melayu. Dalam hal ini, Sultan Johor-Riau tetaplah harus seorang Melayu sedangkan Raja (Yam Dipertuan) haruslah dari pihak Bugis.

Ini membuat kekerabatan Melayu-Bugis menjadi lebih kental dari sebelumnya. Pada akhirnya terjadilah asimilasi antara orang Melayu dan Orang Bugis dan hebatnya asimilasi ini ternyata malah menjadikan Kerajaan Melayu lebih tangguh lagi.

Sumpah setia Melayu Bugis yang terjadi ratusan tahun lalu ternyata masih memberi pengaruh hingga kehari ini. Dihampir semua tanah Melayu terbentuk banyak persatuan organisasi hingga persahabatan yang kental antara orang Melayu dan Bugis. Suatu hal yang tanpa kita sadari telah mengikat kita karena kejadian yang berlangsung ratusan tahun yang lalu. Persahabatan Melayu-Bugis ini terkadang tidak disadari oleh masyarakat Kepulauan Riau masa sekarang.

Jika anda seorang Melayu dan memiliki seorang teman akrab seperti saudara sendiri cobalah tanyakan pada dia apakah ia berdarah Bugis. Karena saya sendiri sudah bersahabat dengan seorang yang saya kira Melayu tulen ternyata ia berdarah Bugis. Banyak lagi teman-teman di Kepulauan Riau tercinta ini yang awalnya saya kira Melayu ternyata ia adalah seorang berketurunan Bugis. Saya yakin banyak yang tidak menyadari ini. Sambil santai tanyakanlah pada sahabat karib anda yang sama-sama pemuda tempatan Kepulauan Riau. Lalu ingatlah sumpah setia leluhur kita ratusan tahun lalu. Anda akan tersenyum sendiri mengenang hal ini.


keris dan badik
Keris dan Badik, Sumber Gambar : antiquemaniacworld.blogspot.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumpah Setia Melayu Bugis"

Post a Comment