Asal Muasal Nama Karimun

logo kabupaten karimun

Kabupaten Karimun adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Ibukota Kabupaten Karimun adalah Tanjungbalai Karimun. Bagi masyarakat Kepulauan Riau tentunya sudah tidak asing lagi mendengar nama Karimun ini. Nama ini memang sama dengan nama salah satu pulau yang ada di Jawa yang bernama Karimun Jawa.

Kali ini kita tidak akan membahas tentang administrative Kabupaten Karimun atau yang berhubungan dengannya. Kali ini kita akan membahas tentang asal muasal nama Karimun.




Adapun seperti pada umumnya cerita rakyat terkadang terdapat beberapa versi tentang sebuah peristiwa yang terjadi dimasa lampau. Begitu juga asal muasal nama Karimun, setidaknya terdapat dua versi yang didapatkan.

Versi pertama asal muasal nama Karimun
Cerita pertama ini mengisahkan tentang seorang pedagang dari tanah Gujarat yang hendak berlayar ke Pulau Jawa. Ketika sedang melintasi perairan selat Melaka kapal ini terpaksa berlabuh disebuah pulau di Selatan Johor. Diantara rombongan pedangan Gujarat tersebut ada seorang seikh yang dikenal dengan nama seikh Jalaluddin. Pada saat sedang bermalam di Pulau tersebut ia kagum akan keindahan alamnya hingga tatapan matanya tertuju pada sebuah cahaya kuning keemasan yang berkilauan dari sebuah gunung.

Sebagai seorang muslim yang tau akan kekuasaan sang Khalik beliaupun lalu berdo’a dan memuji kebesaran yang maha kuasa “Ya Allah Ya Karim……” begitu kata beliau yang tentunya diiringi tasbih dan tahmid yang tak henti-hentinya.

Dari cerita ini kita bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa nama Karimun berasal dari bahasa Arab, yaitu “Karim”.

Versi Kedua asal nama Karimun
Untuk versi kedua asal nama Karimun ini agak sederhanya ceritanya. Nama pulau ini berasal dari nama seorang lelaki yang bernama Karim sedangkan istrinya bernama Maimun. Sayangnya dalam cerita ini kita tidak mendapatkan data yang begitu banyak.

Apakah sepasang suami istri ini adalah penghuni pertama pulau tersebut?
Lalu darimanakah keduanya berasal?

Kedua pertanyaan ini terbiarkan begitu saja untuk cerita versi yang kedua ini.


Demikianlah asal muasal cerita nama Karimun. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Muasal Nama Karimun"

Post a Comment