Selamat Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau

Selamat Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau

Apa yang spesial sangat hari ni bagi orang Kepri? Kenapa ada berbagai macam gelaran acara di kampung kita hari ini?

Memang dah banyak lah yang tau apa lagi budak-budak sekolah. Tentulah guru masing-masin sudah beri tau. Iya kekawan, hari ni tanggal 23 September adalah hari yang bersejarah bagi Provinsi Kepri kampung halaman kita tercinta.

Tepat 16 tahun lalu di tanggal yang sama, kita bersama-sama tua dan muda bersuka cita dan bersyukur atas lahirnya Provinsi Kepulauan Riau.

Perjuangan untuk mencapai cita-cita bersama itu bukan nya mudah. Berpisah dari Provinsi Riau yang penuh dengan tentangan sana sini. Bahkan tak sikit orang Kepri sendiri masa itu menganggap jangan berpisah dari Riau.
selamat hari jadi provinsi kepulauan riau

Reality nya kita berhasil juga memisahkan diri dari Riau. Saya ingat sekali masa itu di koran-koran lokal selalu memberitakan informasi terkini tentang perjuangan untuk berpisahnya Kepulauan Riau dari Riau.

Padahal Riau dan Kepulauan Riau sebenarnya satu kesatuan yang memang sangat nisbi untuk dipisahkan.

Kita ingat kembali pertama sekali Provinsi Riau terbentuk. Provinsi Kepulauan Riau itu terletak di Kota Tanjungpinang. Kota penuh sejarah yang kita sayangi bersama. Namun sayang di kemudian hari ibukota Provinsi Riau berpindah ke daratan. Sebuah kota yang awalnya sunyi senyap menjadi sangat pesat berkembang.

Sedangkan kita? Setelah ibukota Riau pindah kesana kita mulai tertinggal dari segi pembangunan, baik itu ekonomi, pendidikan serta infrastruktur.

Kepulauan Riau yang secara historis merupakan tempat lalu lintas produk-produk dari Singapura menuju kawasan lain di Indonesia menjadi terhambat ekonomi nya.

Setelah melalui pertimbangan dan kesepakatan bersama akhirnya pembentukan Provinsi Kepulauan Riau sudah tidak bisa di undur lagi. Lagi pula kita merupakan kawasan yang memang sejak dulu telah jauh lebih maju dari daratan sana.

Tidak pernah ada riwayatnya ibukota Kesultanan Johor Riau atau Ibukota Riau berada di daratan sana. Dan kini, ketika kita tak jadi pusat pemerintahan lagi. Daerah-daerah penopang seperti Bintan, Lingga, Karimun, Natuna, Anambas dan Batam juga mengalami dampak yang sama. Kita terketepikan sejenak.

Namun sejak Provinsi Kepulauan Riau berdiri. Kita bisa menyusun rencana pembangunan lebih efisien dan efektif untuk kepentingan kita bersama. Dan sama-sama kita bersaudara dalam satu rangkuman perjalanan jejak sejarah. Memang sudah begini sejak lama.

Kita lah Riau yang sebenarnya yang kini bernama Kepulauan Riau. Tapi tak apa. Sejak 23 September 2002 itu kita telah menentukan nasib sendiri dan berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan orang daratan sana.

Dahulu dalam urusan administrasi kita harus susah payah menyeberang laut menuju ibukota Riau yang terletak di Pekanbaru itu. Kini, jarak semakin dekat bagi kita semua. Tanjungpinang Kota bersejarah itu kini adalah ibukota Provinsi Kepulauan Riau tercinta.

Akses semakin dipermudah. Kita bisa membangun segala macam yang kita renca kan dengan lebih simple urusan administrasi nya.

Alhamdulillah... syukur kepada Allah... sudah 16 tahun Provinsi kita terbentuk. Sudah banyak kemajuan yang terasa.

Dalam masa-masa ini kita tak perlu terlalu banyak kritikus yang hanya pandai memprotes kebijakan Pemerintah Daerah. Kita perlu orang-orang yang punya motivasi tinggi dan punya solusi pada setiap kekurangan yang masih ada pada kita.

Tapi kita tau bersama... kita percaya... watak orang kita bukanlah orang yang suka terlalu vokal protes sana protes sini. Paling-paling kita hanya berbual di kedai kopi saja. Lepas itu kita bergurau dan tertawa kembali.



Ayo... kita bangun bersama Provinsi Kepulauan Riau tercinta ini dengan kemampuan kita masing-masing. Fokus dan berikan yang terbaik untuk negeri. Kita berasal dari keturunan orang-orang tangguh di masa lalu. Kita keturunan orang-orang hebat dari masa lalu.

Seharusnya kita juga dapat membanggakan Provinsi Kepulauan Riau ini. Bukan untuk siapa-siapa. Untuk kita bersama juga.


SelamatHari Jadi Provinsi Kepulauan Riau yang ke 16. Semoga kita semakin maju. Amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau"

Post a Comment