Ibukota Provinsi Kepulauan Riau

Ibukota Provinsi Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau atau biasa juga disingkat Kepri merupakan Provinsi yang berbatasan langsung dengan dua negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia. Secara adat istiadat dan bahasa Provinsi Kepulauan Riau memang memiliki ciri khas yang sama dengan dua Negara Tetangga. Ibukota Provinsi Kepulauan Riau adalah Kota Tanjungpinang yang terletak di Pulau Bintan.

Kota Tanjungpinang sendiri memiliki sejarah panjang dalam perjalanan Provinsi Kepulauan Riau. Kota ini mulai populer kala Ibukota Kerajaan Johor Riau berpindah dari Johor ke Riau, dan Kota Tanjungpinang yang berada tepat didepan Ibukota Kerajaan Johor-Riau mulai berkembang menjadi pasar sekaligus pusat perekonomian bagi masyarakat Johor-Riau ketika itu.
logo kota tanjungpinang
Logo Kota Tanjungpinang

Sekarang meskipun secara ekonomi dan populasi Kota Tanjungpinang masih dibawah Kota Batam tetapi tetap saja. Kota Tanjungpinang dianggap lebih strategis dan lebih kental dari sisi historis untuk menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Riau. Agaknya orang non Kepulauan Riau akan heran dengan pola ini, yang mana Batam jauh lebih maju dari Tanjungpinang tetapi justru Tanjungpinang yang menjadi Ibukota Kepulauan Riau.

Bayangkan saja seperti New York di Amerika Serikat, New York sendiri bukanlah Ibukota Amerika Serikat walaupun New York lebih maju dan memiliki populasi lebih banyak dari Ibukota Amerika Serikat sendiri yaitu Washington DC. Contoh lain lagi kota Sidney di Australia yang jauh lebih populer dari ibukotanya yaitu Canberra. Nah, seperti itu jugalah adanya di Provinsi Kepulauan Riau. Walaupun Kota Batam mempunyai populasi yang jauh lebih banyak serta ekonomi yang lebih maju dari Kota Tanjungpinang tetapi Kota Tanjungpinang adalah ibukota dari Provinsi Kepulauan Riau.


Kalau anda berkesempatan datang ke Kota ini jangan lupa menikmati hidangan-hidangan seperti Gonggong, Prata, Teh Tarek, Teh Obeng dan Nasi Lemak. Dan kalau anda senang berkunjung ke situs-situs sejarah tidak ada salahnya berkunjung ke Pulau Penyengat yang terletak persis di depan Kota Tanjungpinang. Adapun jarak tempuh dari Kota Tanjungpinang ke Pulau Penyengat hanya sekitar 10-15 menit dengan menggunakan Pompong (sejenis Perahu mesin). Pulau Penyengat sendiri secara administratif masuk kedalam lingkup Kota Tanjungpinang. Pulau ini adalah salah satu Pulau yang menjadi Kota Ibukota Kerajaan Johor-Riau pada masa jayanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ibukota Provinsi Kepulauan Riau"

Post a Comment