Sejarah Unik Gibraltar



Sejarah Unik Gibraltar

Gibraltar adalah sebuah daerah yang secara geografis berada di Spanyol. Gibraltar merupakan pembatas antara benua Eropa dan Afrika. Gibraltar juga biasa dikenal dengan nama Pilar Herkules. Sekian lama kawasan Gibraltar menjadi kawasan yang diperebutkan oleh berbagai macam bangsa karena letaknya yang strategis. Terhitung pemukim pertama kawasan ini adalah bangsa Moor yang datang dari Afrika Utara, kemudian pada awal abad empat belas sempat direbut oleh Bangsa Castilla namun berhasil kembali dikuasai oleh bangsa Moor.

gibraltar
Gibraltar

Semenjak penyatuan kekuasaan di Spanyol yang menimbulkan semangat reconquesta, akhirnya Gibraltar berada di bawah kekuasan Spanyol setelah kemudian pada awal abad 18 pula pasukan aliansi Inggris-Belanda mengambil Gibraltar dengan invasi militer.

Hingga ke hari ini Gibraltar masih berada dibawah pengaruh Inggris walaupun berada didaratan Spanyol. Sempat tercetus ide pembagian dua kawasan Gibraltar untuk SPanyol dan Inggris namun penduduk Gibraltar sekarang lebih nyaman hidup dibawah pengaruh mutlak Inggris daripada harus berbagi kekuasaan.

Gibraltar merupakan penyebab hubungan Inggris dan Spanyol hingga kehari ini diwarnai sedikit hangat. Bagaimanapun masyarakat Spanyol pasti gemes melihat sebagian wilayahnya masih berada dalam kekuasaan Inggris hingga hari ini.

Populasi penduduk Gibraltar sekitar 30.000 penduduk dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa Sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Unik Gibraltar"

Post a Comment