Peristiwa Paling Dramatis dan Kontroversial Sepanjang Piala AFF


Peristiwa Paling Dramatis dan Kontroversial Sepanjang Piala AFF

Kali ini kita akan membahas tentang peristiwa paling dramatis dan kontroversial sepanjang Piala AFF. Piala AFF merupakan even paling bergengsi dalam sepakbola Asia Tenggara. Piala AFF mulai diadakan pada tahun 1996 dengan Thailand sebagai juara pertama usai mengalahkan Malaysia 1-0.

Kini AFF merupakan even 2 tahun sekali di Asia Tenggara.. seluruh fans sepakbola di Asia Tenggara berpesta dan bersemangat menyambut datangnya piala AFF. Sepanjang perjalanan piala AFF berbagai macam peristiwa terjadi, termasuk kali ini kita akan membahas hal-hal yang dramatis dan kontroversial sepanjang piala AFF

1. Sepakbola Gajah

Piala AFF 1998 yang diadakan di Vietnam menjadi salah satu Piala AFF paling dramatis dan kontroversial sepanjang sejarah Piala AFF. Kejadian bermula ketika Singapura menjadi juara grup B sedangkan tuan rumah Vietnam menjadi Runner Up. Di Grup A, pada laga penentuan juara Grup A antara Indonesia dan Thailand. Indonesia sebenarnya hanya perlu imbang untuk menjadi juara grup, tetapi ternyata kedua-dua tim tak bermain dengan bersemangat. Kedua-dua tim sama-sama berniat untok kalah sehingga menjadi runner up, supaya nanti di semifinal berdepan dengan Singapura.

Skor 2-2 bertahan sampai detik-detik akhir pertandingan dengan skor imbang ini maka Indonesia akan menjadi juara grup tetapi akan berhadapan dengan Vietnam di semifinal sedangkan Thailand akan melawan Singapura. Pertandingan berlangsung sangat membosankan karena Indonesia menunggu thailand mencetak gol lagi tetapi Thailand tak berusaha untuk menjadi juara grup. Karena yang difikirkan Thailand yang penting nanti di semifinal tak lawan tuan rumah.

Sepakbola Gajah

Tetapi pada menit ke 90 pertandingan, Mursyid Efendi, pemain Indonesia mencetak gol ke gawang sendiri. Dan memberikan kemenangan 3-2 kepada Thailand. Pemain Thailand seolah terkejut dan kesal melihat aksi Mursyid Efendi itu. Tetapi tak lama kemudian pertandingan berakhir dengan kemenangan Thailand 3-2 sekaligus membawa Thailand menjadi juara Grup. Tetapi Thailand tak merayakannya karna tau akan menghadapi semifinal yang berat melawan tuan rumah Vietnam.

2. Singapura Menjadi Juara Piala AFF 1998

Singapura yang bermain sebagai tim underdog bermain dengan strategi counter attack menghadapi tim-tim yang lebih diunggulkan. Indonesia yang lebih memilih melawan Singapura ternyata juga dapat dikalahkan 2-1 oleh Singapura di semifinal. Sedangkan Vietnam degan sanggam melangkah ke final setelah mengalahkan Thailand 3-0.

Singapura Menjadi Juara Piala AFF 1998


Sehingga  Vietnam dan Singapura bertemu di final. Vietnam yang lebih diunggulkan untuk menjadi juara karena memang sedang dalam kondisi terbaik ditambah dengan support dari fans fanatiknya tentulah bermain dengan penuh semangat dan percaya diri tinggi tapi sayang hal itu membuat Vietnam over confident, sehingga akhirnye kalah tragis 0-1 kepada Singapura. Sejarah mencatat tim yang pada awalnya tidak disegani malah menjadi juara hm.. suatu pelajaran berharga untuk kita semua.

3. Final Piala AFF 2014

Final Piala AFF 2014 mempertemukan Malaysia dan Thailand. Leg pertama yang berlangsung di Thailand berhasil dimenangkan Thailand dengan skor 2-0 di laga kedua Malaysia haros menang dengan margin 3-0. Make terjadilah tragedy final paling dramatis sepanjang piala AFF. Stadium Bukit Jalil menjadi saksi leg kedua antara Malaysia vs Thailand.

Harapan  untuk menjadi juara piala AFF mulai dirasa Malaysia usai babak pertama dengan keunggulan 2-0. Hanya perlu satu gol lagi untuk menjadi pemenang dan harapan itu semakin besar apebila di menit ke 58, Syafiq Rahim mencetak gol ketiga Malaysia.


Tapi sayang 8 menit sebelum waktu normal berakhir tepatnya menit ke 82 Thailand berhasil memasukkan satu gol sehingga agregat menjadi sama kuat 3-3 tetapi thailand di untungkan dengan satu gol away. Hal ini membuat Malaysia berjuang lebih kuat untuk mencetak satu gol lagi. Namon sayang counter attack Thailand di menit ke 87 membuat killing goal. Sehingge skor menjadi 3-2 untuk kemenangan Malaysia tetapi tak cukup untuk membuat malaysia menjadi juara. Karena defisit 2 gol di laga perdana membuat agregat 3-4. Dan Thailand menjadi Juara piala AFF 2014 dengan drama ala film-film Bollywood.

4. Piala AFF 2004

Grup stage piala AFF 2004 berlangsung di Vietnam dan Malaysia. Piala AFF 2004 terjadi banyak peristiwa dramatis. Yang pertama adalah dikalahkannya tuan rumah Vietnam 0-3 dari Indonesia sehingga Vietnam tak dapat meloloskan diri ke semifinal. Seterosnya kejutan kedua ialah di laga semifinal antara Indonesia vs malaysia. Pade leg petama yang berlangsung di Jakarta. Indonesia kalah 1-2 kepada Malaysia tetapi pada laga kedua di Malaysia terjadi hal yang sangat diluar dugaan. Meskipun Malaysia sudah kembali unggul 1-0 pada first half . Tetapi diluar dugaan pada second half indonesia dapat mencetak 4 gol dimulai dari menit 59 oleh kurniawan, Sehingga gol keempat oleh Boaz Salosa. Hal dramatis ini sama sekali tak disangka oleh mana-mana pihak.

final piala aff 2004 Indonesia vs Singapura

Kemudian yang paling dramatis sekali adalah laga final antara Indonesia melawan singapura. Singapura yang lolos ke final setelah mengalahkan Myanmar di laga sebelumnya diperkirekan akan kalah menghadapi Indonesia. Tetapi kenyataan yang tak disangka sangka kembali terjadi. Leg pertama di Indonesia ternyate Singapore menang 3-1. Masih kita ingat masa itu. Penonton ramai meninggalkan stadion setelah singapore leading 3-0 sampai menit 90.. selepas Mahyadi Panggabean mencetak gol pertama Indonesia.

Hal ini membawa satu tangan singapore sudah menggenggam Piala AFF. Sehingga di laga kedua di Singapura. Singapore dengan sanggamnya mengalahkan Indonesia 2-1 sekaligus menjadi juara untuk kedua kali pada gelaran piala AFF.


5. Piala AFF 2010

Piala AFF 2010 merupakan salah satu piala AFF yang paling diingat publik sepakbola Asia Tenggara. Di Piala AFF 2010 ini untuk pertama kalinya Malaysia muncul sebagai juara pertama setelah mengalahkan Indonesia. Perjalanan Malaysia menjadi juara bukanlah mudah. Bahkan tidak disangke-sangke. Hal itu karena pada first match grup A, Malaysia dikalahkan Indonesia 5-1. Sehingga publik sepakbola Malaysia sekalipun sudah tak berharap banyak pada Piala AFF tahun itu.

Lage kedua Malaysia melawan Thailand. Malaysia mulai membaik setelah bermain imbang 0-0 melawan Thailand. Pade match ketiga Malaysia menang 5-1 melawan Laos tapi nasib malaysia ke semifinal ditentukan match antara Indonesia melawan Thailand yang bermain di waktu yang sama. Apalagi sampai menit 81 Thailand masih unggul 1-0 keatas Indonesia.

Piala AFF 2010 malaysia vs indonesia

Barulah harapan Malaysia muncul ketika Bambang Pamungkas mencetak gol penyama Indonesia pada menit kedua. Kemudian dilanjutkan dengan satu gol tambahan di menit ke 91. Dengan hasil itu Indonesia menjadi juara grup sedangkan Thailand tersingkir dari Piala AFF dan Runner Up grup adalah Malaysia secara ajaib.

Di semifinal Malaysia bermain jauh lebeh baik dari sebelum sebelumnye. Malaysia menang menghadapi Vietnam dengan agregat 2-0. Dan membawa Malaysia ke final berhadapan dengan tim yang pada first match dahulu mengalahkannya dengan 1-5. First leg antara Malaysia dan Indonesia berakhir dengan skor diluar bayangan semua pecinta sepakbola Asia Tenggara ketika itu. Malaysia menang 3-0 keatas Indonesia di Kuala lumpur.

Kemudian dengan leading agregat sejauh itu Malaysia tinggal bermain bertahan. Dan ternyata sempat pula menambah goal penambah harapan untuk juara melalui Safee Sali pada menit 52. Indonesia yang terus berusaha untuk membalikan keadaan ternyata dapat mencetak dua gol di menit 72 dan 87 tetapi tidak cukop untuk mengejar ketertinggalan agregat 2-4. Malaysia juara setelah melalui perjalanan yang sangat susah.


Untuk versi video youtube lihat video dibawah :


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peristiwa Paling Dramatis dan Kontroversial Sepanjang Piala AFF "

  1. Pernah merasakan tidak nyaman atau suasana terasa “panas” di tempat kerja/kantor/tempat usaha? Atau saat ini Anda merasakan usaha yang sepi, rejeki seret atau bahkan sedang diujung kebangkrutan?
    Silahkan baca di http:\\infobidara.blogspot.com

    ReplyDelete