Menelisik Kebiasaan Orang Melayu Kepri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Menelisik Kebiasaan Orang Melayu Kepri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Assalamualaikum kekawan semua... ape kaba??? Sekarang kita sudah masuk bulan Sya’ban. Itu maknanya tak lama lagi kita akan segera memasuki bulan Ramadhan. Bulan mulia yang selalu kita nanti. Sensasi bulan Ramadhan selain penuh makna juga merupakan sebuah bulan yang sangat dinantikan oleh semua Muslim, termasuk bagi orang Melayu kita.

Masa-masa menantikan Beduk berbunyi dari Surau dekat rumah tu memang sangat indah. Di bulan ini kita memaknai arti “sabar” dan indahnya kesabaran itu. Berbagai macam kegiatan positif dapat kita lakukan pada bulan Ramadhan yang mulia.

Ayok same-same kite meriahkan Ramadhan taon ini supaye kite same-same dapat ketenangan dan kebahagiaan hati. Baek itu dengan cara beribadah sesuai tuntunan Islam. Menjalankan yang Wajib dan Disunnahkan serta menyambut datangnya Ramadhan dengan suka cita. Dengan wajah yang berseri-seri. Amin.

Ada sangat banyak energi positif yang tidak dapat terurari satu persatu pada bulan Ramadhan. Ada manfaat yang sangat mendalam bagi kita dalam bulan ini. sulit memang dibahasakan tetapi dapat dirasakan didalam kalbu.

marhaban ya ramadhan
gambar dari : kabarmakkah.com

Kekawan semua yang saya hormati. Ade satu hal yang selalu menjadi kebiasaan bagi kite orang Melayu pade malam-malam terakher Ramadhan. Yaitu memasang pelita didepan rumah. Bahkan kite juge bersusah payah membuat Gerbang yang dihiaskan pelite dan berbagai macam hiasan untok mempercanteknye. Sebuah kebiasaan yang sangat unik dan menyenangkan.

Dalam kesempatan ini saye juge mengingatkan diri sendiri, bahwa dalam kegiatan “Liko” dengan memasang pelite dan membuat gerbang itu, hendaknye kite juge dapat mengambil value dari kegiatan itu. Point pertamenye ialah memeriahkan bulan Ramadhan. Dan point keduanye ialah menjaga adat resam supaye tak lekang dizaman.

Jangan pedulikan orang-orang non Melayu yang menganggap kebiasaan kita itu sebagai suatu yang Syirik. Kita bukanlah nyembah api. Kita hanya memperlawa rumah kita dan bebudak kecik disekelileng rumah pon dapat dengan mudah bermain kembang api dan mercon untuk bersuka ria. Disisi lain, hal ini telah menanamkan rasa cinta atas kedatangan bulan ramadhan. insyaAllah kegiatan yang kita lakukan bukanlah hal Syirik, dan tidak perlu pula sampai bersusah payah betekak pasal apekah memasang pelite depan rumah mase Ramadhan ini pernah dilakukan oleh Rasul dan Sahabat ketika Ramadhan. Ini murni budaya kita.

Bayangkan orang zaman dulu yang belom ade listrik. Setiap rumah memang mengandalkan pelita sebagai penerang jalan. Kemudian pada malam-malam Ramadhan. Jumlah pelita yang dipasang dirumah atau dijalan diperbanyak untok memperindah jalan menuju Surau atau Masjid supaya saat menuju ke masjid untuk melaksakanan Shalat Teraweh atau ibadah lainnya lebih menyenangkan.


Yang jelas pada malam bulan Ramadhan ini kita lebih royal menggunakan rezeki kita karena bersuka cita. Baik itu memasang lampu pelita lebih banyak, makai minyak wangi lebih banyak serta beli laok paok dirumah lebeh banyak untok kemudian saling bersedekah dengan jiran dan orang-orang yang memang memerlukannya.

Kekawasan semue.... aktivitas kita mempertahankan kebiasaan memasang pelita di Bulan Ramadhan akan menanamkan memory tersendiri bagi kanak-kanak. Rasa nyaman dan senang akan kedatangan Ramadhan dan bersuka ria kemudian menyambut datangnya Syawal.

marhaban ya ramadhan
gambar dari : AQLnews.com

Semoga pada tahun ini ibadah kita kepada Allah lebih intens lagi, serta jangan lupa menghilangkan adat resam yang sudah turon temuron kite laksanekan.

Tanah Melayu masuk Islam tanpe paksaan. Dan sunggoh memasang pelite depan rumah saat akher Ramadhan juge bukan suatu paksaan. Hanye saje.,,, sebagai orang Melayu yang beragama Islam. Kita harus dapat menaruh porsi tersendiri, tentang mempertahankan budaya kita dan tentang beribadah kepada Allah.


Ayok.. kekawan semue... same-same kite cuci hati kite menyambut Ramadhan. Dan mari kite melaksanekan ibadah sebagai seorang Muslim yang taat serta mari kita menjadi Melayu yang tak lupa budaya. Semoga suatu saat nanti kita dapat sama-sama maen Bunga Api di Surga, ditemankan Bidadari Surga. Amin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menelisik Kebiasaan Orang Melayu Kepri Menyambut Bulan Suci Ramadhan"

Post a Comment